SUARA INDONESIA

Perjuangan Pemuda Dawarblandong Mojokerto Bangkitkan UMKM

Redaksi - 10 September 2022 | 13:09 - Dibaca 2.13k kali
Ekbis Perjuangan Pemuda Dawarblandong Mojokerto Bangkitkan UMKM
Komunitas Wirausahawan Dawar (Kawan Dawar) Mojokerto (Foto: Alawi/Suaraindonesia.co.id)

Mojokerto - Krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap kelangsungan UMKM. Dampak dari sulitnya berusaha mengakibatkan banyaknya tenaga kerja yang terpaksa di rumahkan.

Di saat masa pandemi terjadi perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat dari offline ke online. Pelaku UMKM pasti kesulitan dalam mencapai target-target yang harus dicapai saat perekonomian terganggu.

Perubahan pola tersebut, seyogyanya diikuti pelaku UMKM agar dapat survive, serta bisa berkembang sehingga mampu menghadapi kondisi new normal.

Sekelompok Kelompok pemuda dengan semangat bangkit dari covid 19 di Kecamatan Dawarblandong membentuk Komunitas Wirausahawan Dawar (Kawan Dawar).

Sekertaris Kawan Dawar Idin Kusairi mengatakan komunitas ini menjadi wadah para UMKM untuk mengembangkan diri. Selain itu, melakukan pendampingan UMKM tentang management, permodalan, penjualan dan digitalisasi. 

"Kawan Dawar ini diharapakan sebagai wadah yang berkarakter, tangguh, berdaya saing untuk sukses yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar," ungkap Idin kepada awak media, Senin (10/9/2022). 

Meningkatkan kemampuan anggotanya dengan, seminar pelatihan dan pendampingan. Selain itu pemanfaatan digitalisasi menjadi sebuah kebutuhan penting. Terbukti e-learning, eCommerce, literasi digital, permintaan delivery menjadi kebutuhan selama ini. Namun kita tidak dapat memungkiri adanya permasalahan digitalisasi UMKM. 

"Di beberapa daerah seperti di Kecamatan Dawarblandong keterbatasan akses internet dan digitalisasi marketing UMKM menjadi kendala kami," terang Idin. 

Pemahaman dari pelaku UMKM terhadap teknologi, pemasaran online terbatas, proses produksi dan akses pasar daring yang masih dinilai belum cukup maksimal. Selanjutnya, konsumen masih merasa tak aman dalam melakukan transaksi digital.

"Kami mencoba berfikir setidaknya membantu mambangkitkan semangat juang para pemilik usaha UMKM untuk tetap melanjutkan usahanya serta tidak putus asa," ujar Idin. 

Kawan Dawar mengajak semua pihak termasuk swasta, BUMN, serta masyarakat untuk membantu para pelaku UMKM untuk bisa tetap produktif. Terlebih, ada puluhan juta unit usaha di sektor mikro. Jika hal ini tidak ditangani, tentunya hal tersebut akan menjadi persoalan yang besar. 

Foto: Sekretaris Kawan Dawar Idin Kusairi saat dikonfirmasi awak media di Dawarblandong Mojokerto, Sabtu (10/9/2022).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya