SUARA INDONESIA

Poliwangi Dongkrak Ekonomi UMKM Lewat Digitalisasi

Muhammad Nurul Yaqin - 23 September 2022 | 12:09
Ekonomi Poliwangi Dongkrak Ekonomi UMKM Lewat Digitalisasi

BANYUWANGI - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Oleh sebab itu, pemerintah selalu mengupayakan berbagai program untuk mempercepat transformasi digital.

Tak terkecuali dari kalangan akademisi, dimana Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) juga turut mendorong digitalisasi UMKM, melalui tim dosen pengabdiannya.

Sebanyak tiga dosen Poliwangi yang terdiri dari Nanda Rusti, Novilia Kareja, dan Ruth Ema Febrita, menghibahkan platform digital berupa website obugame.com sebagai media promosi dan landing page UMKM.

Sasaran edukasi itu dilakukan kepada UMKM pemilik CV Eldanan Berkah Karya di Purwoharjo, Banyuwangi, yang bergerak di usaha produk pertanian.

Tak hanya diberikan pelatihan dalam mengoperasikan obugame.com, mereka juga dibimbing cara menggunakan aplikasi pencatatan keuangan.

Salah satu dosen Poliwangi, Ruth Ema Febrita menjelaskan, website dan aplikasi pencatat keuangan itu dibuat di laboratorium program studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak dan Laboratorium Agribisnis, Poliwangi.

Obugame sendiri, lanjut Ema, diambil dari merk dagang yang dikembangkan oleh CV Eldanan. UMKM ini memanfaatkan produk-produk pertanian, seperti pisang dan buah naga untuk memproduksi makanan ringan dan minuman berupa rengginang buah naga, keripik pisang dengan aneka rasa, serta minuman buah naga. 

"Obugame berupaya melakukan pengembangan baik dari segi pengemasan, varian produk hingga upaya pemasaran melalui media digital serta pencatatan keuangan yang lebih teratur pasca pandemi Covid-19. Sehingga kita dorong untuk keberlanjutanya," cetusnya, Jumat (23/9/2022).

Ema menyampaikan, keunggulan obugame.com bertindak layaknya e-commerce. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat belanja dari konsumen dan memudahkan proses transaksi.

"Karena website ini memiliki integrasi langsung dengan layanan belanja online. Sehingga dapat menarik minat para konsumen," bebernya.

Selain itu, Ema menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pencatatan keuangan yang ada di CV Eldanan dari yang sebelumnya menggunakan pencatatan manual menjadi proses digital menggunakan aplikasi. 

"Dengan pencatatan keuangan secara digital akan memberi kemudahan dalam perhitungan cash flow. Sehingga memudahkan proses evaluasi dan pengaturan strategi pemasaran," pungkasnya.

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV