SUARA INDONESIA

5 Mainan Jadul Yang Bikin Kamu Kangen Masa Kecil 

Wilda Natasya - 04 October 2021 | 20:10
Entertaiment 5 Mainan Jadul Yang Bikin Kamu Kangen Masa Kecil 

JEMBER- Masa kecil menjadi salah satu momentum yang kerap kali dirindukan oleh siapapun, karena pada usia tersebut seseorang dapat melakukan banyak hal tanpa harus merasa terbebani. 

Salah satu hal yang menjadi hobi di masa kecil bagi sebagian orang adalah, bermain bersama teman-teman sebaya dengan menggunakan permainan-permainan yang sudah mulai jarang ditemukan di zaman digital ini. 

Untuk anak yang lahir pada era tahun 90-an, inilah beberapa mainan jaman dulu (Jadul) yang bakal bikin kamu rindu masa kecil di kampung halaman. 

1. Ketapel 

Meskipun anak-anak biasanya tidak ahli dalam berburu, permainan ketapel menjadi primadona yang banyak digunakan untuk bermain. Ketapel sendiri merupakan permainan jadul yang berbentuk seperti huruf Y, lalu diberi karet dibagian tengahnya. Hampir seperti busur panah, ketapel biasnya menggunakan batu atau kertas untuk membidik sasarannya. 

2. Bongkar pasang 

Sebagian besar gadis kecik kelahiran 90-an tentunya tak asing dengan permainan ini. Bongkar pasang adalah permainan dengan bahan baku kertas yang bergambar tokoh perempuan maupun laki-laki lengkap dengan baju dan aksesorisnya.
Baju yang ada di kertas biasanya hanya perlu dipotong dan ditempelkan ke badan boneka yang telah disediakan. 

3. Kelereng 

Kelereng adalah bola-bola berbahan kecil yang biasanya dimainkan bersama beberapa orang. Cara bermain kelereng hampir mirip dengan billiard, hanya saja tidak menggunakan meja dan tongkat. Untuk menjadi pemenang dalam permainan ini, dibutuhkan konsentrasi dan taktik yang jitu. 

4. Pletokan 

Pletokan merupakan senjata mainan yang terbuat dari ranting bambu. Sementara untuk pelurunya, terbuat dari kertas yang dibasahi kemudian dibentuk bulat, biji jambu atau kembang. Dalam permainan ini, biasanya pemain akan berlagak seolah-olah sedang dalam medan pertempuran dan mengintai musuh, lalu menembaknya. Karena peluru yang digunakan bukan dari benda yang berbahaya, permainan ini juga aman dimainkan oleh anak-anak. 

5. Terjun Payung 

Permainan terjun payung sempat menjadi idola pada zamannya. Permainan ini berbahan dasar plastik untuk parasutnya, sementara prajuritnya dibuat dari spons.
Terjun payung biasanya dimainkan dari ketinggian, kemudian diluncurkan ke bawah. Penampakannya akan menyerupai tentara yang sedang melakukan aksi terjun payung dari pesawat. 

Demikian beberapa permainan jadul yang bisa membuat anda bernostalgia dan merindukan masa kecil atau mungkin sebagian masih menyimpannya sebagai kenang-kenangan.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV