SUARA INDONESIA

Kelaparan, Relawan Purworejo Cat Ranger Selamatkan Puluhan Kucing Liar di Eks Pasar Suronegaran

Widiarto - 29 December 2021 | 16:12
Entertaiment Kelaparan, Relawan Purworejo Cat Ranger Selamatkan Puluhan Kucing Liar di Eks Pasar Suronegaran


PURWOREJO - Sejumlah warga pecinta kucing di Purworejo, Jawa Tengah, yang menamakan diri sebagai Relawan Purworejo Cat Ranger, menggelar aksi sosial berupa penyelamatan terhadap puluhan ekor kucing liar yang berada di eks pasar Suronegaran.

Dengan berbekal keranjang dan tas kucing, serta makanan kucing, sejumlah relawan yang terdiri atas ibu-ibu pecinta kucing melakukan pencarian kucing di setiap sedut pasar yang saat ini sedang dalam pembongkaran. Kucing diberi makan lalu dibawa ke selter untuk dirawat dan dicarikan adoter agar bisa dipelihara secara baik. Sementara itu pasar Suronegaran dibongkar lantaran pasar itu telah habis masa kontrak pemakaian lahan dengan PT KAai dan para pedagang telah dipindahkan ke pasar baru bernama pasar Purworejo.

Ketua Purworejo Cat Ranger, Gatot Priambodo, saat ditemui disela aksi penyelamatan kucing di eks pasar Suronegaran pada Rabu (29/12/2021) menjelaskan, aksi penyelamatan kucing-kucing liar itu telah dilaksanakan selama tiga hari sejak Senin (27/12/2021) hingga Rabu (29/12/2021) ini.

"Gerakan spontanitas ini di inisiasi dr Aris, lalu bikin kepengurusan sementara dan langsung menggelar aksi penyelamatan terhadap kucing-kucing liar yang ada di eks pasar Suronegaran," ungkapnya.

Disebutkan, dalam aksinya relawan berhasil menyelamatkan puluhan kucing liar, selama tiga hari pencarian ada sekitar 50an kucing yang berhasil di selamatkan.

"Sasaranya adalah kucing liar, utamanya kucing betina yang nanti akan di steril karena pasar ini secepatnya akan dibongkar maka kami berinisiatif untuk menyelamatkan kucing-kucing ini," ujarnya.

Setelah ditangkapi dan diselamatkan, kucing-kucing itu kemudian dibawa ke selter milik relawan yang ada. Ada tiga selter yang menjadi penampungan dan perawatan sementara bagi para kucing liar itu.

"Kucing itu kita tangkap lalu kita bawa ke selter, disana kucing kita rawat sementara, bagi yang betina atau jantan kita sterill, yang sakit kita carikan dokter untuk diobati, lalu yang sudah sehat dan baik kita carikan adopter, sudah ada 8 kucing lebih yang sudah berhasil diadopter," jelasnya.

Kegiatan itu, lanjutnya, baru pertama kali dilaksanakan oleh mereka dengan menyasar eks pasar Suronegaran. Mereka yang nelakukan aksi adalah relawan yang memang konsen dalam perkucingan atau pecinta kucing di Purworejo.

"Harapanya banyak adopter yang mau memiliki dan memelihara kucing-kucing yang terselamatkan itu. Bila tidak mendapatkan adopter semoga kita dapat ijin untuk melepaskan kembali sebagian kucing-kucing itu di lokasi pasar baru, yaitu pasar Purworejo, dengan harapan disana bisa terjamin makananya dari lapak-lapak yang ada," harapnya.

Rencananya , para relawan itu akan serius membentuk wadah atau organisasi sosial untuk menyelamatkan kucing-kucing liar yang ada di daerah Purworejo, bukan saja di eks pasar Suronegaran namun juga dilokasi lain yang banyak ditemukan kucing liar.

"Kita sudah membentuk pengurus sementara ada sekitar 10-15 orang dan telah membuat group whatsapp dengan anggota sekitar 20an anggota, jadi mungkin kedepan kegiatanya tidak hanya di eks pasar Suronegaran ini tapi aksi ini akan berlanjut juga di lokasi lain yang membutuhkan bantuan dan banyak ditemukan kucing liar untuk bisa di selamatkan dan di peliharan secara baik," pungkasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV