SUARA INDONESIA

Film Makmum 2 di Mata Penonton “Banyak Pelajaran yang Bisa Diambil”

Wildan Mukhlishah Sy - 02 February 2022 | 20:02 - Dibaca 3.18k kali
Hiburan Film Makmum 2 di Mata Penonton “Banyak Pelajaran yang Bisa Diambil”
Poster Film Makmum 2. Foto: instagram @deecompany_official

JEMBER- Sudah menjadi rahasia umum, bahwa film merupakan salah satu media yang dapat dijadikan sarana edukasi. Penulis cerita dan sutradara, biasa menyampaikan hal tersebut melalui sejumlah kalimat atau adegan yang ada dalam film.

Salah satu film yang masih hangat diperbincangkan oleh masyarakat adalah Makmum 2. Karya audio visual besutan Blue Water Films dan Dee Company ini, rupanya tak hanya berhasil membuat penonton menjerit ketakutan, namun juga memberikan sejumlah pesan yang dapat dijadikan pembelajaran.

Salah seorang penoton Mentari mengaku setelah menyaksikan Makmum 2, dirinya semakin sadar dan belajar untuk mempercayai bahwa manusia, jin dan setan hidup secara berdampingan.

“Ya setelah nonton itu, lebih mempercayai lagi bahwa kita berdampingan dengan mereka yang tak kasat mata,” ungkapnya, Rabu (2/2/2022).

Bagi yang telah menonton film Makmum 2, tentunya mengetahui bahwa terdapat scene diamana pembangunan masjid dilakukan dengan menebang banyak pohon yang ada di hutan tersebut dan diceritakan bahwa salah satu diantaranya, merupakan tempat tinggal hantu makmum.

Menurutnya, sebagai sesama makhluk yang diciptakan oleh Tuhan, manusia sudah semestinya dapat menghargai dan tidak melakukan hal yang dapat mengusik keberadaan mereka di tempat manapun.

“Kita sebagai manusia juga mesti menghargai mereka, di berbagai tempat manapun. Jangan sampai mengusik keberadaan mereka,” kata Mentari.

Secara keseluruhan film ini memang sangat dekat dengan kehidupan sehar-hari dari seorang umat muslim, yang diwajibkan untuk melakukan ibadah salat lima waktu. Berdasarkan hal tersebut, beberapa penonton bahkan merasa seolah menjadi pemeran utama.

Hal tersebut disampaikan oleh penonton lainnya Icha, dirinya mengungkapkan semenjak menonton film bergenre horor tersebut, kembali menilai dan mempertimbangkan kembali tentang kekhusyuannya selama melakukan ibadah salat.

“Iya emang mungkin selama ini sholat iya, tapi setelah nonton film ini jadi mikir lagi. Berati selama ini, masih belum khusyuk nih salatku,” katanya.

Tak hanya itu, perempuan asal pulau Madura tersebut juga merasa kagum dengan perjuangan Titi Kamal sebagai seorang ibu, yang rela melakukan hal apapun untuk menyelamatkan anak semata wayangnya. Melihat adegan tersebut, icha bahkan bertekad untuk selalu menghargai dan memperlakukan ibunya dengan baik.

“Jadi sadar banget kalau perjuangan seorang ibu itu luar biasa sekali loh. Langsung bilang dalam hati, ya Allah, pokoknya aku harus baik sama mamah,” tandasnya.

Sekedar diinformasikan, Makmum 2 merupakan sekuel dari fim berjudul Makmum yang tayang pada 2019 lalu, yang menceritakan tentang perjuangan pemeran utama bernama Rini (Titi Kamal) yang harus menyelamatkan anaknya dari gangguan makhluk halus menyerupai makmum.

Film ini tayang pertama kali di Indonesia pada bulan Desember 2021 lalu dan berhasil menyabet rekor muri atas pencapaiannya sebagai satu-satunya film yang menjaring sejuta penonton selama masa pandemi Covid-19.



» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV