SUARA INDONESIA

Tak Hanya Hobi, Memancing Juga Bantu Tingkatkan Kesehatan Jiwa

Redaksi - 05 February 2022 | 15:02 - Dibaca 1.62k kali
Hiburan Tak Hanya Hobi, Memancing Juga Bantu Tingkatkan Kesehatan Jiwa
Ilustrasi (Foto: Suaraindonesia.co.id)
JEMBER- Memancing bagi sebagian orang merupakan hobi yang dilakulan kala senggang. Kegiatan ini tak hanya untuk melepaskan penat atau sekedar mengisi waktu luang. Akan tetapi, menjadi sebuah sarana untuk terapi kesehatan jiwa.

Dilansir dari laman detikhealth, manfaat memancing yang bagus untuk kesehatan jiwa, dimanfaatkan secara baik oleh dua rumah sakit jiwa di Skotlandia yakni rumah sakit Greater Glasgow dan Clayde.

Kedua rumah sakit tersebut menjadikan kegiatan memancing sebagai terapi untuk para pasien sakit jiwa di sana.

Tindakan yang sama juga diterapkan salah satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras Klaten untuk mengobati para pasien Covid-19. 

Dikutip dari Kompas.com kegiatan memancing tersebut merupakan salah satu cara untuk mebunuh kebosanan para pasien selama berada dalam masa perawatan di ruang isolasi.

Hal tersebut dikarenakan kegiatan memancing bersifat terapi dan dapat memberikan ketenangan bagi pelakunya.

Selain memberikan rasa tenang, kegiatan memancing juga mendatangkan kegembiraan tersendiri yang dapat memberikan stimulus positif bagi keadaan emosi dan mental.

"Dengan kegiatan tersebut pasien merasa gembira, tambah semangat sehingga daoat meningkatlan imunitasnya untuk mempercepat penyembuhan," terangnya pada laman Kompas.Com.

Dalam kasus lain, memancing juga bisa meredakan gejala Post Traumtic Stress Disorder (PTSD) sebagaimana yang diungkapkan Psikolog Mark Wheeler dan Nick Cooper usai penelitian mereka terhadap para veteran perang yang memiliki hobi memancing. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV