SUARA INDONESIA

HUT Ke-77 Kemerdekaan RI 2022 Pemkab Probolinggo, Berikut Rangkaian Acaranya

Lutfi Hidayat - 11 August 2022 | 16:08
Entertaiment HUT Ke-77 Kemerdekaan RI 2022 Pemkab Probolinggo, Berikut Rangkaian Acaranya

PROBOLINGGO - Semarak HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022 Pemkab Probolinggo diisi beragam kegiatan.

Mulai dari kegiatan formal kenegaraan hingga Gebyar Fashion Merah Putih dan pawai budaya bertema Bhinneka Tunggal Ika.

Rangkaian kegiatan itu telah dimulai sejak Selasa (09/08/2022) dengan aksi sosial donor darah di Guest House Kota Kraksaan.

Kegiatan dilanjutkan dengan khitanan massal di ruang tengger Kantor Bupati Probolinggo pada Rabu (10/08/2022).

Berikut jadwal rangkaian kegiatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Pemkab Probolinggo untuk masyarakat umum yang dirangkum Suaraindonesia.co.id:

Sabtu, (13/08/2022) Pemkab Probolinggo bakal menggelar Gebyar Fashion Merah Putih untuk umum dan OPD di Alun-alun Kota Kraksaan.

Ketentuannya peserta menampilkan pakaian adat lokal, daerah atau nasional sesuai norma dan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Peserta juga perlu menggambarkan suasana perjuangan kemerdekaan dan ikhtiar meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Kepala Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian mengatakan gebyar fashion merah putih digelar untuk mengembangkan kreativitas pemuda dan masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Suguhan fashion dengan menonjolkan potensi adat dan peningkatan ekonomi masyarakat, bertujuan membangkitkan potensi masyarakat dari segi desain hingga produk lokal.

"Dengan semangat kemerdekaan, kita membangkitkan kreativitas dan potensi masyarakat. Bisa dari kemampuan mendesain fashion kemerdekaan juga keunggulan produk, semisal batik khas Kabupaten Probolinggo," ungkap Yulius, Kamis (11/08/2022).

Yulius menambahkan, pada Minggu (14/08/2022) nanti juga bakal digelar pembentangan dan pembagian bendera merah putih di jalur wisata Seruni Point Gunung Bromo.

Kegiatan itu untuk membangkitkan semangat dan potensi wisata Kabupaten Probolinggo yang aman dan nyaman dikunjungi wisatawan.

"Ini kegiatan Pemkab Probolinggo, tapi jika ada masyarakat atau komunitas wisata yang ingin bergabung tentu akan lebih semarak. Nanti bendera merah putih akan dibagikan ke penyedia jasa Jeep, penyewaan kuda, wisatawan dan warga sekitar," imbuhnya.

Kemudian pada Sabtu (20/08/2022) akan digelar karnaval/pawai budaya bertema Bhinneka Tunggal Ika yang akan dilepas dari Stadion Gelora Merdeka hingga ke GOR Sasana Krida Kota Kraksaan dengan jarak tempuh sekitar 5 Km.

Sebagai penutup, Sabtu (27/08/2022) Pemkab Probolinggo menggelar lomba Drum Band di area Alun-alun Kota Kraksaan.

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV