SUARA INDONESIA

Sambut Pergantian Tahun, Panggung Rakyat di Kota Probolinggo Meriah

Lutfi Hidayat - 31 December 2022 | 20:12 - Dibaca 4.27k kali
Hiburan Sambut Pergantian Tahun, Panggung Rakyat di Kota Probolinggo Meriah
Penampilan seni tari asal Papua menghibur ribuan pengunjung malam pergantian baru 2022-2023 di Alun-alun Kota Probolinggo

PROBOLINGGO - Warga Kota Probolinggo merayakan malam pergantian tahun 2022-2023 dengan menikmati suguhan panggung rakyat, Sabtu malam (31/12/2022).

Pagelaran seni budaya, musik religi dan kuliner UMKM tersebut digelar di Alun-alun Kota Probolinggo.

Performa musik tradisional Ul-Daul dari Kelurahan Mangunharjo dan Kelurahan Jati, Kecamatan menjadi pembuka acara kegiatan tersebut.

Dilanjutkan dengan pagelaran seni tari dan teatrikal kolosal "Marlena" menghibur ribuan pengunjung Alun-alun Kota Probolinggo.

Ketua Panitia, Nur Ali mengatakan pagelaran panggung rakyat tersebut merupakan inisiatif dari komunitas pemuda kreatif Kota Probolinggo yang didampingi dan difasilitasi oleh seluruh Camat dan OPD di lingkungan Pemkot Probolinggo.

"Ini ide dari pemuda-pemuda kreatif Kota Probolinggo. Mereka menyambut malam tahun baru 2023 dengan pagelaran seni budaya, musik islami dan pameran UMKM," ujar Nur Ali.

Kegiatan panggung rakyat tersebut, lanjutnya bertujuan untuk menyambut diraihnya Global We Love City Kota Probolinggo yang meraih juara satu dunia.

Selain itu, kata Sekcam Kedopok itu kegiatan tersebut untuk menyambut pergantian tahun dan menumbuhkan potensi ekonomi lokal Kota Probolinggo.

"Di samping kanan dan kiri panggung utama ini ada 20 stan kuliner UMKM. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat mendongkrak roda perekonomian, dan semoga di tahun 2023 ekonomi kita terus bangkit," pungkasnya.

Seorang pengunjung asal Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Vira Mayasari menyambut positif gelaran panggung rakyat tersebut.

Menurutnya, dengan pentasan seni dan budaya dapat memberikan hiburan kepada masyarakat.

Di samping itu juga dapat meminimalisir dampak negatif pesta malam pergantian tahun yang sering di salah artikan oleh kelompok tertentu untuk membuat onar.

"Bagus sekali ya kalau yang ditampilkan seni budaya, ada pameran UMKM juga kayaknya. Soalnya kalau malam tahun baru biasanya kan banyak tawuran anak-anak muda. Nah ini semuanya duduk bareng nonton seni budaya," terangnya.

Sebagai daerah pendalungan, panggung rakyat juga menampilkan barongsai pada pertengah acara.

Kegiatan tersebut bakal ditutup dengan pesta kembang api sekitar 20 menit.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya