SUARA INDONESIA

Sambut HUT RI ke-76, Warga di Purworejo Percantik Lingkungan

Widiarto - 08 August 2021 | 16:08 - Dibaca 4.40k kali
Features Sambut HUT RI ke-76, Warga di Purworejo Percantik Lingkungan
Warga Dusun Jaken, Desa Semawung melaksanakan kerja bakti membuat taman, Minggu (8/8/2021) (Foto: Istimewa)

PURWOREJO - Warga Desa Semawung, Kecamatan/ Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kerja bakti warga menghias lingkungan atau mempercantik lingkungan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI).

Sebanyak 19 RT dari 7 RW di Desa Semawung, telah dipercantik lingkungannya, baik dengan membuat taman, memasang lampu hias, bendera, umbul-umbul dan pengiasan gapura.

Ketua RW 07 Dusun Jatisalam Kenyaen 2 (Jaken 2), Suyud mengatakan, semangat warga Desa Semawung tak luntur untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia meski berada di tengah masa pandemi covid-19.

Dirinya mengajak warga, pemuda dan karang taruna yang ada di wilayahnya untuk bersama-sama melaksanakan kerja bakti untuk mempercantik lingkungan.

"Dusun Jaken 2 ini ada 4 RT dan 4 Dawis ini kami ubah menjadi cantik lingkunganya. Tak hanya di RW ini, namun seluruh RW dan RT se Desa Semawung juga menggelar kegiatan yang sama, warga tetap bersemangat menyambut hari kemerdekaan RI mesti masih di masa pandemi Covid-19," ungkap Suyud, Minggu (8/8/2021).

Kegiatan untuk mempercantik lingkungan itu, lanjutnya, baru digalakkan untuk tingkat RW dan RT pada tahun ini. Warga telah mempersiapkan dan melaksanakan kerja bakti sejak sebulan lalu.

Warga menggunakan anggaran secara swadaya urunan tiap RT atau Dawis untuk keperluan bahan dan material kerja bakti lingkungan.

"Tujuan kami hanya mengajak warga untuk tetap semangat gotong royong bersama untuk mempercantik lingkungan, apakah nanti akan dinilai sebagai lomba lingkungan cantik untuk mengisi HUT RI, itu sudah menjadi kewenangan Pemerintah Desa Semawung," ujarnya.

Tak hanya mempercantik lingkungan, rencananya bila diizinkan untuk mengisi hari kemerdekaan RI, warga akan menggelar kegiatan lomba-lomba agustusan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Warga Dusun Jaken, Warsiyati, mengaku senang jika lingkunganya dipercantik, sehingga menjadikan lingkungannya menjadi bersih, rapi dan indah.

"Harapannya bisa dilestarikan, tidak hanya dalam rangka menyambut HUT namun bisa dijaga kebersihan dan keindahannya untuk hari-hari berikutnya," harapnya. (wid/amj)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV