SUARA INDONESIA

Natal Pemda Keerom Yang Tidak Biasanya, Masyarakat Towe Terharu

Mustakim Ali - 28 January 2023 | 00:01 - Dibaca 1.07k kali
Features Natal Pemda Keerom Yang Tidak Biasanya, Masyarakat Towe Terharu
Momen Natal Pemda Keerom di distrik Towe, Jumat (27/01/2023).

KEEROM - Mimpi tidak mungkin jadi kenyataan, ini mungkin jadi urain perasaan yang bisa digambarkan melihat antusias masyarakat Distrik Towe. Bagaimana tidak, Bupati Keerom, Piter Gusbager bersama rombongan muncul secara mengejutkan warga Kampung Towe Hitam.

Tepatnya, Kamis 26 Januari tahun 2023, satu per satu kendaraan rombongan Bupati keerom tiba di Distrik Towe tepatnya Kampung Towe Hitam dari siang hingga dini hari.

Tujuan kunjungan Bupati bersama rombongan dalam rangka melaksanakan Ibadah Natal Pemda Keerom bersama ASN, TNI-Polri dan masyarakat yang berlangsung, Jumat 27 Januari 2023 di Gereja Katolik ST. Yohanes Towe Hitam.

Momen yang sangat istimewa. Perlu diketahui bahwa pelaksanaan Natal Pemda keerom selam ini di laksanakan di Arso pusat pemerintahan keerom. Namun tahun ini berbeda, Distrik Towe yang merupakan daerah paling Selatan Kabupaten keerom yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pegubin menjadi pusat kegiatan.

Kepada suaraindonesia.co.id masyarakat towe mengakui bahwa kehadiran bupati bersama rombongan sama sekali tidak disangka. Masyarakat sangat bangga dan juga terharu melihat kepedulian bupati Piter Gusbager yang rela menempuh perjalanan jauh dan ekstrem untuk bertemu masyarakat.

Tentu masyarakat sangat bangga dan senang, dan momen Natal Tahun ini menjadi paling istimewa dan tidak seperti biasanya.

Perlu diketahui bahwa, untuk tiba di Distrik Towe harus menempuh perjalanan hinga 10 jam dengan jarak kurang lebih 170 km dari Arso. Selain itu juga, Medan yang ditempuh sangat ekstrem yang hanya bisa dilewati kendaraan khusus dengan medan yang berat.

Sebelum memulai kegiatan, Bupati Keerom bersama rombongan disambut secara adat oleh masyarakat dengan sangat antusias. Ekspresi wajah masyarakat saat penyambutan yang terlihat sangat gembira menjadi bukti bahwa kehadiran bupati keerom bagaikan mimpi yang tidak mungkin menjadi kenyataan bagi warga Towe.

Didalam rangkaian kegiatan, Ibadah Natal menjadi pembuka, sambutan dan arahan Bupati Keerom, penyerahan sejumlah bantuan hingga bingkisan-bingkisan Natal misalnya, paket sembako, bantuan modal koperasi, 1 unit kendaraan operasional, 1 unit alat musik untuk pemuda gereja, satu set alat olahraga dan sejumlah bantuan yang lainnya.

Dalam arahnya, Bupati Keerom menyampaikan bahwa untuk membangun Papua harus menggunakan cara yang tidak biasa atau berbeda dengan membangun daerah yang lain.

"Dalam masa kepemimpina Piter Wahfir percepatan dan pemerataan pembangunan itu sudah menjadi komitmen utama. Dalam hal ini pelayanan kita harus menyentuh langsung dengan masyarakat di lapangan sekaligus menjawab persoalan yang ada di sana, baik kondisi masyarakat, fasilitas kesehatan, pendidikan, akses jalan dan persoalan yang lainnya," terangnya.

Menurutnya, lewat Otsus membangun Papua baik daerah dan manusianya haru berbeda dengan wilayah yang lain. Karena ada kekhususan yang menjadi perhatian pemerintah dalam melakukan pendekatan guna percepatan pembangunan.

"Pelayanan hanya duduk di kantor itu sudah tidak dipake lagi, Karena itu cara-cara lama yang dapat memperlambat perkembangan wilayah ini. Dengan kita turun langsung ke masyarakat, kita akan tau apa yang perlu di ambil kebijakan baik itu yang jangka pendek maupun jangka panjang," ungkapnya.

Dalam sambutannya, Piter Gusbager menyampaikan agar masyarakat harus menjaga keerom agar tetap aman dan damai. Untuk itu sinergitas semua stakeholder harus tetap dijaga mulai dari pemerintah, Forkopimda, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Dalam kunjungannya, begitu banyak agenda yang dilaksanakan bupati di Distrik Towe hingga berlangsung selama 2 hari. Antusiasme masyarakat sudah sangat luar biasa atas momen yang langkah itu.

Di hari ketiga, Sabtu 28 Januari 2023 tepatnya pkl 13:00 WIT, Bupati bersama rombongan kembali dari Distrik Towe.

Panorama alam Papua disepanjang perjalanan sangat memanjakan mata para rombongan. Tidak mau ketinggalan momen, disetiap puncak atau bukit bupati mengabaikan momen dengan foto bersama dengan rombongan.

Kurang lebih 13 jam perjalanan dari Kampung Towe Hitam, Bupati beserta rombongan tiba di Arso pkl 01:00 wit malam hari.

Dalam kunjungannya kali ini, Bupati Keerom, Piter Gusbager didampingi Sekda, Trisiswanda Indra, Kapolres Keerom, AKBP Christian Aer, Kasdim 1701, Letkol Inf. Mifta Puadi, Ketua LMA Keerom, sejumlah pimpinan OPD, sejumlah perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan pihak-pihak terkait lainnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya