SUARA INDONESIA

Bumil Wajib Tahu, Konsumsi Ikan Bisa Cegah Stunting Sejak Masa Kehamilan

Muhammad Nurul Yaqin - 16 November 2020 | 18:11 - Dibaca 1.20k kali
Kesehatan Bumil Wajib Tahu, Konsumsi Ikan Bisa Cegah Stunting Sejak Masa Kehamilan
Ilustrasi ibu hamil. (Foto: google).

BANYUWANGI- Ibu memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Kedua hal ini memang harus dipantau bahkan sejak mereka masih berada di dalam kandungan.

Pertumbuhan janin di dalam rahim adalah masa yang sangat strategis, karena disaat itulah proses pembangunan organ penting seperti otak dan jantung terjadi.

Kebutuhan nutrisi yang tercukupi dengan baik akan membantu menjaga pertumbuhan sehat untuk anak saat masih ada di dalam kandungan, salah satunya dari risiko terjadinya stunting.

Untuk itu, Ahli Gizi RSUD Blambangan Banyuwangi Widia Nurmala Dewi memberikan resep kepada ibu hamil (Bumil) agar menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungannya tetap sehat.

Salah satunya bisa diperoleh dengan sering mengkonsumsi ikan. Menurutnya, ikan sangat bagus dikonsumsi ibu hamil, karena selain memiliki kandungan protein yang tinggi, ikan juga kaya akan vitamin.

"Ikan memiliki kandungan protein tinggi yang bermanfaat untuk proses pertumbuhan pada bumil terkhusus bagi si janin. Ikan banyak mengandung vitamin A yang tinggi antioksidan, juga mengandung vitamin B6 yang bagus untuk mencegah kerusakan syaraf. Serta vitamin B12 dan rendah kolesterol yang baik untuk kesehatan Jantung," paparnya, Senin (16/11/2020).

Selain itu, ikan juga mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan mengandung Omega 3 yang baik untuk kecerdasan otak.

"Bila hal tersebut diimbangi dengan mengkonsumsi karbohidrat, asupan nutrisi serat nabati (sayuran) dan buah. Maka potensi terjadinya stunting dapat dicegah dan diminimalisir," ungkapnya.

Widia berharap dengan sedikit pengetahuan ini bisa diketahui oleh ibu hamil, agar bisa memenuhi kebutuhan gizi bagi dirinya serta janin yang dikandungnya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV