SUARA INDONESIA
Banner

Peringati HKN ke-56, Pjs Bupati Malang Dorong Inovasi Layanan Kesehatan

KABUPATEN MALANG - Pjs Bupati Malang, Sjaichul Ghulam menghadiri acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 di Pendopo Kabupaten Malang, Sabtu (21/11/2020).

HKN ke-56 itu juga dihadiri Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang Sodikul Amin, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat serta jajaran Forkopimda Kabupaten Malang.

Pada tahun ini, HKN ke-56 mengusung tema "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat dengan sub tema "Jaga Diei, Keluarga dan Masyatakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19".

"Tentunya tema tahun ini sejalan dengan situasi pandemi Covid-19 yang memacu kita untuk berubah di setiap aspek kehidupan," pungkas Pjs Bupati Malang.

Menurutnya, pemerintah saat ini terus berupaya menangani Covid-19 dengan dukungan dan peran serta stakeholder dan masyarakat.

"Berbagai upaya kesehatan terus dilakukan agar jumlah kasus menurun, kesembuhan meningkat, dan kematian dapat dicegah," bebernya.

Upaya penting itu, lanjutnya, berkaitan dengan cara menerapkan protokol kesehatan melalui penggunaan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan, menjaga daya tahan tubuh dengan gizi seimbang, rutin berolahraga dan pengelolaan stres.

Pria yang akrab disapa Abi Lawang itu mengatakan pandemi Covid-19 juga memberikan bangsa ini pelajaran akan pentingnya kemandirian produk obat dan alat kesehatan dalam negeri untuk ketahanan nasional.

"Dalam hal ini kita telah dapat mewujudkan bahan baku obat produksi dalam negeri, alat kesehatan low-medium technology produksi dalam negeri, yang kemudian dimanfaatkan dalam penanganan Covid-19 dan momentum ini harus tetap dijaga untuk kita tingkatkan, sebagai percepatan terwujudnya kemandirian obat dan alat kesehatan nasional," katanya.

Selain penanganan pandemi Covid-19, isu kesehatan strategis lainnya yang dihadapi bangsa Indonesia adalah masalah stunting atau anak kecil.

"Untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan perlu adanya inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi seluruh pemangku kebijakan," katanya.

Dalam momentum Hari Kesehatan Nasional ini, Pjs Bupati Malang mengajak seluruh stake holder agar bekerjasama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku.

"Hal ini sesuai dengan amanat Presiden khususnya dalam mengentaskan stunting, dan memperbaiki layanan kesehatan, serta penyediaan obat dan alat kesehatan lokal yang murah dan berkualitas," harapnya.

Dalam acara itu juga diserahkan sebanyak 15 penghargaan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-56 dan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1260 Tahun 2020.

Apa Reaksi Anda?