SUARA INDONESIA

Puskesmas se Banyuwangi Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

BANYUWANGI- Puskesmas se Kabupaten Banyuwangi menggelar simulasi vaksinasi Covid-19 secara serentak.

Simulasi itu digelar sebagai bentuk persiapan vaksinasi yang nantinya akan dilakukan, agar pelaksanaan dapat berjalan lancar dan akurat.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, simulasi ini dilakukan puskesmas dengan cara mendokumentasikan dalam bentuk audio visual yang kemudian dikirim ke Dinkes setempat.

"Semuanya sudah mengirim video simulasi, tujuannya adalah puskesmas benar-benar memahami, mengetahui tentang SOP (standar operasional prosedur dari vaksinasi ini," kata Rio sapaan akrabnya, Rabu (13/1/2021).

Rio menyebut, adapun dalam simulasi yang dilakukan terdapat tahapan-tahapan, mulai dari alur pelayanan hingga tata cara pemberian vaksin kepada pasien.

"Jadi orang yang akan divaksinasi pertama harus diapakan, diperiksa apa, dan sebagainya," jelasnya.

Katanya, simulasi ini merupakan serangkain kegiatan persiapan untuk program vaksinasi. Pihaknya juga tengah mempersiapkan tenaga vaksinator yang nantinya dibutuhkan untuk memperlancar proses vaksinasi.

"Sambil menunggu vaksin tiba di Banyuwangi, kita siapkan segala keperluannya, termasuk simulasi ini. Sementara untuk pelaksanaan vaksinasinya sendiri Insyallah di akhir Januari atau di awal Februari," ucap Rio.

Dia menambahkan, vaksin pertama ini diprioritaskan kepada tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan penanganan penyebaran Covid-19. Pihaknya juga sudah mendata Nakes yang nantinya akan mendapatkan vaksin tersebut.

"Sudah 100 persen data yang masuk ke sistem, itu sebanyak 6.080 tenaga kesehatan," terang Rio. (*)

Apa Reaksi Anda?