SUARA INDONESIA

Peringati Hari Ginjal Sedunia, Siloam Hospital Surabaya Gelar Gathering Virtual

Lukman Hadi - 21 March 2021 | 17:03 - Dibaca 2.44k kali
Kesehatan Peringati Hari Ginjal Sedunia, Siloam Hospital Surabaya Gelar Gathering Virtual
Siloam Hospital Surabaya melaksanakan gathering virtual peringatan Hari Ginjal Dunia, Minggu (21/3/2021).

SURABAYA - Dalam peringatan Hari Ginjal Sedunia di Maret 2021, Siloam Hospital Surabaya mengadakan gathering untuk pasien ginjal secara virtual.

Peserta gathering ini diikuti oleh pasien dan keluarga yang berasal dari Surabaya serta dari luar Surabaya. Sementara tema yang diusung merujuk World Kidney Day ialah "Hidup Berkualitas dengan Penyakit Ginjal".

Dalam gathering ini, Siloam Hospital menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya. Di antaranya Nunuk Mardiana, Sp.PD-KGH, dr. Dana Pramudya, Sp.PD, dan Sylvi Natalia, S.Gz.

Mendapat kesempatan pertama, dr Nunuk mengingatkan agar para pasien yang mengidap penyakit ginjal bisa menjaga kondisi yang stabil.

"Para pasien dengan penyakit ginjal untuk tetap menjaga kondisi tekanan darah dan kadar gula darah stabil agar tidak memberatkan kondisi ginjal," kata dr Nunuk, Minggu (21/3/2021).

Menambahkan hal itu, dr Dana yang menjadi narasumber kedua menjelaskan, ada 8 langkah yang perlu diterapkan pasien penyakit ginjal agar dapat hidup berkualitas.

"Delapan langkah tersebut adalah cek gula darah rutin, jangan minum obat tanpa resep dokter, cek kesehatan rutin, tetap terhidrasi, jaga berat badan, diet yang seimbang, olahraga rutin, dan cek tekanan darah," jelasnya.

Narasumber terakhir, Sylvi Natalia turut memberikan penjelasan tentang bagaimana memperhatikan kandungan makanan bagi para pasien penyakit ginjal.

Dengan memperhatikan kandungan makanan dan saran gizi dari dokter dan ahli gizi, pasien dengan penyakit ginjal tetap dapat menikmati menu makanan yang ada untuk memenuhi kebutuhan tubuh. 

"Misalnya, pasien dengan penyakit ginjal tetap dapat menikmati makanan ringan seperti kroket makaroni atau sup sayuran dengan memperhatikan bahan yang digunakan untuk pembuatannya," ungkap Sylvi.

Selain pelaksanaan gathering, Siloam Hospitals Surabaya juga menginfokan kepada pasien penyakit ginjal yang memerlukan cuci darah atau hemodialisa untuk tidak ragu menjalankan prosedur tersebut di Siloam Hospitals Surabaya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV