SUARA INDONESIA

Masyarakat Probolinggo Bisa Dapatkan Vaksin Moderna, Begini Syaratnya

Lutfi Hidayat - 22 October 2021 | 20:10
Kesehatan Masyarakat Probolinggo Bisa Dapatkan Vaksin Moderna, Begini Syaratnya

PROBOLINGGO - Vaksin Moderna mulai disuntikkan tim Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo kepada masyarakat umum.

Sebelumnya vaksin yang diklaim memiliki tingkat efektitas tinggi ini hanya disuntikkan untuk para tenaga kesehatan (nakes)

Vaksinasi menggunakan vaksin moderna dimulai pada pekan ketiga bulan Oktober 2021, untuk mendapatkan vaksin ini syaratnya masyarakat belum pernah disuntik vaksin Covid-19 sebelumnya.

"Vaksin (moderna) ini sebelumnya tidak pernah digunakan untuk masyarakat, kita memiliki vaksin ini delapan ribu lebih dan jangan sampai stok yang ada kadaluarsa, karena nakes yang ada sudah diberikan dosis ke-3," jelas Jubir Satgas Covid-19, dr. Dewi Vironica, Jumat (22/10/2021).

Dokter Viro sapaan akrabnya menyatakan vaksin moderna untuk masyarakat bukan sebagai booster atau dosis tambahan, tapi sama dengan vaksin jenis lain yaitu dosis satu dan dua.

"Tapi catatannya vaksin ini (diberikan) bagi masyarakat yang betul-betul bisa diedukasi dan mengerti manfaat nilainya. Termasuk efek sampingnya yang sangat tinggi dan memberikan reaksi cukup serius tetapi hanya sehari atau dua hari selesai," tegasnya.

Efek dari pemberian vaksin moderna, kata dokter Viro tergantung respon masing-masing individu, umumnya akan mengalami panas, meriang dan linu-linu.

Dengan beristirahat di rumah, makan dan minum teratur selama sehari sampai dua hari efek vaksin moderna sudah bisa diatasi.

Efektivitas vaksin moderna mencapai 96 persen, oleh karenanya banyak diburu berbagai kalangan baik nasional maupun internasional.

Akhir November 2021 target vaksinasi di Kabupaten Probolinggo diharapkan mencapai 70 persen, sehingga kekebalan kelompok (herd immunity) masyarakat akan terbentuk yang dapat mengurangi risiko penularan Covid-19.

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV