SUARA INDONESIA

Perlu Diperhatikan, Makanan Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Ambang Hari - 02 November 2021 | 19:11
Kesehatan Perlu Diperhatikan, Makanan Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Kebutuhan Nutrisi bagi Ibu Hamil tentunya harus terpenuhi dengan baik. Untuk itulah, para Ibu Hamil wajib memperhatikan pola makan sehari-hari dan mengikuti anjuran yang ditetapkan oleh dokter maupun bidan.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan dan minuman sehat yang baik dikonsumsi bagi ibu hamil :


1. Sayur dan Buah


Sayur dan buah adalah bahan makanan utama dalam pola makan sehat bagi ibu hamil. Setiap ibu hamil perlu mengonsumsi setidaknya 5 porsi sayuran dan buah-buahan setiap hari untuk mendapatkan aneka vitamin, mineral, serta serat. 

 

 

2. Daging tanpa lemak, Ikan dan Telur


Kelompok makanan ini kaya akan kandungan protein yang penting untuk pertumbuhan janin, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Telur juga kaya akan kolin yang berperan penting dalam mendukung perkembangan otak dan saraf janin serta mengurangi risiko terjadinya cacat tabung saraf.


3. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan berperan penting dalam mencukupi kebutuhan serat dan melancarkan pencernaan ibu hamil. Selain itu, kelompok makanan ini juga kaya akan kalsium, folat, zat besi, dan seng. Dengan tercukupinya asupan serat, Bumil akan terhindar dari konstipasi dan wasir. Selain itu, rutin konsumsi makanan berserat dan bernutrisi tinggi, seperti kacang, sayur, dan buah-buahan, juga baik untuk mencegah Ibu Hamil dari diabetes gestasional.

 

4. Makanan Sumber Karbohidrat


Gandum utuh merupakan salah satu sumber karbohidrat yang juga kaya akan nutrisi lain, termasuk serat, vitamin E, dan selenium yang baik untuk tumbuh kembang janin di dalam rahim. Selain itu, untuk mencukupi kebutuhan energi saat hamil, ibu hamil juga perlu mendapatkan asupan makanan lain yang mengandung karbohidrat, misalnya oatmeal, roti gandum, pasta, dan nasi merah.

 

5. Susu dan Produk Olahannya


Susu dan produk olahan susu, seperti yoghurt dan keju, kaya akan kalsium yang baik untuk pembentukan jaringan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu. Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan, risiko janin terlahir prematur akan berkurang. Asupan cairan juga penting untuk mencegah dehidrasi, wasir, dan konstipasi pada ibu hamil.
 

Pewarta : Ambang Hari
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV