SUARA INDONESIA

Dinkes Pastikan Vaksinasi di Banyuwangi Capai 70 Persen per Hari Ini

Muhammad Nurul Yaqin - 09 November 2021 | 16:11 - Dibaca 1.09k kali
Kesehatan Dinkes Pastikan Vaksinasi di Banyuwangi Capai 70 Persen per Hari Ini
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuwangi, dr Widji Lestariono. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuwangi, dr Widji Lestariono memastikan capaian vaksinasi di Banyuwangi sudah bisa mencapai 70 persen per hari ini, Selasa (9/11/2021).

Kepastian itu disampaikan dr Rio sapaan akrab dr Widji Lestariono, setelah melihat data capaian vaksinasi di Banyuwangi untuk dosis pertama.

"Saat ini capaian vaksinasi di Banyuwangi sudah 69 persen lebih. Insya allah hari ini bisa terpenuhi 70 persen untuk total dosis pertama," ungkap Rio saat dikonfirmasi.

Capaian vaksinasi itu tak lepas dari kerja sama seluruh pihak baik pemerintah, TNI-Polri, serta stakeholder dan relawan.

Berbagai cara terus pihaknya lakukan, untuk mewujudkan herd immunity (kekebalan kelompok), dengan capaian realisasi vaksinasi 70 persen dari target sasaran.

Sebab, syarat munculnya herd immunity capaian vaksinasi dosis pertama harus 70 persen. Sehingga PPKM di suatu daerah bisa turun ke level 1. 

Meski begitu, lanjut Rio, percepatan vaksinasi untuk lansia masih harus terus digeber. Karena belum mencapai target atau 60 persen.

"Karena ada dua indikator PPKM suatu daerah bisa turun ke level 1. Yakni dosis satu total dan dosis satu lansia. Yang lainsia ini masih perlu percepatan lagi, karena belum capai 60 persen," jelasnya.

Sehingga dapat dikatakan PPKM di Banyuwangi masih belum bisa turun ke level 1. Menunggu vaksinasi lansia mencapai 60 persen, sesuai syarat yang ditentukan pemerintah.

"Kenapa lansia jadi indikator, karena mereka termasuk kelompok yang rentan. Jadi kami masih bekerja keras mencapai target tersebut," ucapnya.

Rio mengimbau, meski capaian vaksinasi dosis pertama secara total sudah mencapai 70 persen, masyarakat tetap diingatkan selalu waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV