SUARA INDONESIA

Penuhi Pencapaian Target, Binda Jateng Gencarkan Vaksinasi Door To Door

Widiarto - 04 December 2021 | 16:12 - Dibaca 1.06k kali
Kesehatan Penuhi Pencapaian Target, Binda Jateng Gencarkan Vaksinasi Door To Door
Kunjungi rumah warga, Binda Jateng gelar vaksinasi door to door


PURWOREJO - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, kembali melanjutkan kegiatan vaksinasi massal untuk masyarakat secara door to door di Kabupaten Purworejo, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pada Sabtu (4/12/2021).


Vaksinasi dilaksanakan sesuai dengan arahan Kepala BIN yaitu dalam rangka mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan program vaksinasi Covid-19 guna mewujudkan herd immunity / kekebalan komunal pada akhir 2021.

"Sebanyak 10.000 dosis vaksin disiapkan Binda Jateng, untuk pelaksanakan vaksinasi pelajar dan masyarakat secara door to door di tiga Kabupaten itu yaitu Purworejo, Pekalongan dan Jepara," ungkap Kabinda Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto.

Dikatakan, vaksinasi di Purworejo dilaksanakan di Desa Bedono Kluwung, Desa Sutoragan, Kecamatan Kemiri, Desa Bandungrejo, Desa Grantung Kecamatan Bayan. Adapun di Kabupaten Pekalongan dilaksanakan di Desa Rowopucang Kecamatan Karangdadap, Desa Simbangkulon Kecamatan Buaran, Kecamatan Wonokerto dan Kecamatan Talun. Sementara di Kecamatan Jepara dilaksanakan di Kecamatan Tahunan.

"Vaksinasi sistem door to door biasa kita kenal dengan sistem jemput bola. Sistem ini diadopsi sebagai upaya mengejar capaian vaksinasi yang ditargetkan pemerintah, yaitu  dengan mendatangi masyarakat yang belum divaksin dikarenakan berbagai kendala seperti lansia, difabel dan kesibukan lainnya," jelasnya.

Disampaikan, tim vaksinasi Binda Jateng dalam kesempatan ini didampingi aparat desa setempat mendatangi kediaman warga yang belum melakukan vaksinasi. Sebelum vaksinasi, tim dari Binda Jateng melakukan screning dan ketika telah memenuhi syarat maka dilakukan vaksinasi di rumah masing-masing. Masyarakat sangat apresiasi kegiatan ini karena tidak harus datang ke Puskesmas atau sentra vaksinasi untuk memperoleh vaksin.

Binda Jateng saat ini fokus melaksanakan vaksinasi di wilayah yang belum mencapai 70%. Hingga 3 Desember 2021 capaian vaksinasi di Kabupaten Jepara baru 60,17%, Pekalongan 62,49% dan Kabupaten Purworejo 65,44%, sementara capaian provinsi sudah pada 72,02%. Kami optimis dengan kerjasama seluruh pihak target 70 persen vaksinasi di seluruh wilayah di Jateng dapat tercapai.

"Binda Jateng sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu terlaksananya vaksinasi di Kabupaten Purworejo, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Jepara," lanjutnya.

Binda Jateng selaku penyelenggara kegiatan berharap kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat pandemi belum berakhir. Binda juga berharap pada libur Nataru 2022 masyarakat dapat menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah untuk menekan persebaran covid-19.

"Harapan Binda dengan terselenggaranya program ini, aktivitas masyarakat di wilayah dapat kembali seperti sediakala, seperti sebelum terjadinya pandemi," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV