SUARA INDONESIA

Sopir Angkutan Umum di Banyuwangi Jalani Tes Urine

Muhammad Nurul Yaqin - 24 December 2021 | 09:12 - Dibaca 1.41k kali
Kesehatan Sopir Angkutan Umum di Banyuwangi Jalani Tes Urine
Sopir angkutan umum di Terminal Karangente (Brawijaya), Kebalenan, jalani tes urine, Jumat (24/12/2021). (Istimewa).

BANYUWANGI- Polresta Banyuwangi melakukan tes urine kepada beberapa sopir bus dan angkutan umum lainnya di Terminal Karangente (Brawijaya), Kebalenan, Jumat (24/12/2021).

Tes urine dilakukan dalam rangka keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas saat masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Serta mengurangi tingkat kecelakaan pada kendaraan angkutan umum.

Selain itu, tes urin dilakukan untuk mengetahui bahwa para sopir bebas dari penggunaan narkoba. Mengingat saat ini bus antar kota dan angkutan umum lainnya, banyak digunakan pada momen liburan.

"Sehingga bisa diantisipasi adanya sopir yang memang mengalami gangguan kesehatan dan ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kecelakaan lalu lintas yang disebabkan sopir punya masalah dengan kesehatan," kata Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu melalui Kasie Dokkes Ipda Sadimun.

Ipda Sadimun menyebut, kegiatan tes urine ini dilakukan oleh petugas gabungan. Diantaranya Satlantas, Sie Dokkes, dan Sat Narkoba Polresta Banyuwangi, serta Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

Dari hasil tes urin yang berlangsung sejak pukul 08.20 WIB, pihaknya belum menemukan sopir yang positif narkoba.

“Hanya enam sopir yang melakukan tes urine semuanya negatif. Jika memang ada yang terbukti positif menggunakan Narkoba, kita langsung serahkan ke Sat Narkoba,” terang Sadimun.

Dia menambahkan, petugas juga melakukan tes tensi tekanan darah pada sopir. Hal tersebut dilakukan guna untuk mengetahui kondisi kesehatan pada sopir yang sedang bekerja. 

"Jika tensinya tinggi kami suruh istirahat dulu dan tak diperbolehkan untuk mengemudikan kendaraanya karena berbahaya untuk keselamatan para penumpang," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV