SUARA INDONESIA

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Purworejo Dimulai Hari Ini

Widiarto - 24 December 2021 | 13:12
Kesehatan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Purworejo Dimulai Hari Ini

PURWOREJO - Pemerintah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, resmi mencanangkan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai dengan 11 tahun.

 
Pencanangan vaksinasi digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo, pada Jumat (24/12/2021).

Hadir sebagai peserta suntik vaksinasi anak dari siswa dan siswi SDN Purworejo dan SD Maria, dan dilanjutkan vaksinasi terhadap seluruh anak di dua SD tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Purworejo, dr Sudarmi, menjelaskan Kabupaten Purworejo akan melakukan vaksinasi untuk anak dengan target sasaran 66.355 orang. Jenis vaksin yang akan digunakan adalah vaksin yang sudah mendapatkan persetujuan dari Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional yaitu vaksin coronavac.

"Vaksinasi anak di Purworejo dimulai hari ini dengan diawali di SD Maria dan SD Purworejo yang sebelumnya nanti akan dilakukan penyuntikan kepada 10 anak di Pendopo ini,” katanya.

Bupati Purworejo, Agus Bastian,  menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para orang tua dan anak-anak, yang dengan penuh kesadaran dan antusiasme yang tinggi, telah bersedia mengikuti vaksinasi. Orang tua memiliki peran penting dalam menyukseskan vaksinasi bagi anak usia 6-12 tahun, karena anak akan menurut apa kata orangtua.

"Sehingga saya berharap dengan partisipasi aktif orang tua dalam mengajak anak-anak usia 6-11 tahun untuk vaksinasi Covid-19, dapat membantu mempercepat cakupan vaksinasi di Kabupaten Purworejo," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 perlu dilakukan berbagai upaya, tidak hanya melalui pembatasan kegiatan masyarakat dan penerapan protokol kesehatan, namun juga melalui upaya pemberian vaksinasi agar segera terwujud herd immunity. Menurut Bupati, Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021, vaksinasi anak usia 6-11 tahun dapat dilakukan dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60%.
 
"Dan saat ini Kabupaten Purworejo sudah memenuhi kriteria tersebut, sehingga dengan dimulainya vaksinasi anak usia 6-11 tahun, diharapkan dapat mendukung kegiatan pembelajaran tatap muka secara langsung agar berjalan dengan aman dan terlindungi," tandasnya.

Ia mengingatkan bahwa pandemi belum berakhir, bahkan kini sudah terdeteksi varian Omicron yang penyebarannya jauh lebih cepat. Kita tentu tidak ingin lebih lama lagi terkungkung oleh pandemi yang berkepanjangan, sehingga mau tidak mau harus berusaha sekuat tenaga untuk menghadapinya.

"Kepada Dinas Kesehatan, saya minta untuk proaktif mendapatkan stok vaksin, sehingga ketersediaan vaksin senantiasa terjaga. Jangan sampai antusiasme masyarakat tinggi, namun harus menelan kekecewaan akibat vaksinnya kosong," pesannya

Setelah acara pencanangan, Bupati bersama Forkopimda yang hadir menyempatkan untuk meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi anak di SD Maria dan SDN Purworejo.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV