SUARA INDONESIA

13 Kabupaten Jadi Sasaran Vaksin Binda Jateng Salah Satunya Purworejo

Agus Sulistya - 20 January 2022 | 21:01
Kesehatan 13 Kabupaten Jadi Sasaran Vaksin Binda Jateng Salah Satunya Purworejo

PURWOREJO - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah kembali melaksanakan kegiatan vaksinasi di beberapa wilayah, salah satunya di Desa Sukowuwuh, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (20/01/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan juga sebagai upaya untuk menciptakan kekebalan komunal bagi masyarakat.

Kabinda Jawa Tengah, Brigjen TNI Sondi Siswanto menyampaikan, Binda Jateng juga menyelenggarakan vaksinasi massal untuk anak usia 6-11 tahun dan masyarakat secara door to door serta vaksinasi booster di 13 wilayah provinsi Jawa Tengah.

"Beberapa wilayah Kabupaten tersebut yakni Kabupaten Temanggung, Purworejo, Magelang, Pati, Rembang, Pekalongan, Batang, Tegal, Brebes, Boyolali, Sukoharjo, Banyumas dan Banjarnegara," ucap Brigjen Sondi.

Lebih lanjut, Brigjen Sondi mengatakan, untuk jenis vaksin yang dipergunakan bagi anak-anak yaitu jenis sinovac yang telah mendapatkan ijin dari BPOM. Sementara untuk masyarakat secara door to door serta vaksinasi booster menggunakan vaksin yang tersedia dari Dinas Kesehatan setempat. 

"Binda Jateng dalam kesempatan ini, mendirikan sebanyak 18 sentra vaksinasi di 13 kabupaten dan untuk pelaksanaan vaksinasi booster akan dilaksanakan di Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Pati," katanya.

Brigjen Sondi berharap, semoga orang tua para siswa semakin memahami pentingnya vaksinasi untuk anak mereka ditengah pandemi.

"Saat ini guna menarik minat anak-anak mengikuti vaksinasi, maka dalam beberapa kesempatan mengajak anak-anak bermain sehingga anak-anak tersebut tidak takut jika mereka akan divaksin," bebernya.

Dikatakanya, selain mendirikan sentra vaksinasi, Binda Jateng bersama dengan tenaga kesehatan juga melakukan jemput bola (door to door) warga yang tidak hadir ke sentra vaksinasi.

"Konsep door to door ini, sangat membantu warga terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra-sentra vaksin, sehingga mereka dapat tervaksin," katanya.

Brigjen Sondi menambahkan, vaksinasi booster merupakan amanat presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk melaksanakan vaksinasi booster.

"Adapun target vaksin booster adalah masyarakat minimal berumur 18 tahun serta minimal telah mendapatkan vaksin lengkap enam bulan sebelumnya," pungkasnya.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya