SUARA INDONESIA

Lensa IOLs Premium Mampu Hindari Gangguan Mata Setelah Operasi Katarak

Lukman Hadi - 01 June 2022 | 15:06
Kesehatan Lensa IOLs Premium Mampu Hindari Gangguan Mata Setelah Operasi Katarak

SURABAYAKatarak masih menjadi isu paling menarik bila membahas tentang kebutaan. Sebab, gangguan atau kelainan mata satu ini merupakan penyebab kebutaan nomor 1 atau yang terbesar di Indonesia bahkan dunia. Satu-satunya solusi untuk penyembuhan penyakit ini adalah dengan dilakukannya operasi katarak

Katarak sendiri adalah suatu keadaan di mana lensa mata yang biasanya jernih dan bening menjadi keruh. Fakta menarik dari operasi katarak ini adalah, ternyata ada lensa yang digunakan untuk mengganti lensa mata keruh pada pasien sekaligus untuk mengatasi mata minus dan gangguan refraksi lain seperti silinder, mata tua, hingga rabun dekat. Lensa tersebut bernama IOLs premium atau lensa premium.

"Pasien dapat mengatasi mata minus sekaligus dalam satu kali operasi katarak, tentunya berdasar konsultasi dari dokter spesialis mata," jelas Dokter Klinik Mata KMU Sidoarjo, dr. Ruchyta Ranti, SpM, Senin (30/5/2022).

Seperti yang tercatat di Klinik Mata KMU sendiri, hingga tahun 2021 penderita yang terdiagnosa katarak adalah jumlah pasien yang paling tinggi dibanding keluhan mata yang lain.

Banyak pula dari penderita ini memiliki gangguan penglihatan atau refraksi seperti minus, silinder, mata tua, hingga rabun dekat. Karena itu, lensa premium atau IOLs premium ini menjadi pilihan para pasien.

"Pertimbangan paling utama, karena kenyamanan yang didapat pasca operasi katarak. Dengan 1 kali jenis operasi katarak, penderita yang punya gangguan refraksi bisa sekaligus sembuh dan aktivitas pasca operasi jadi lebih lencar," ungkapnya.

dr. Ruchyta menjelaskan, lensa Intraokular (IOLs) Premium merupakan lensa pengganti yang ditanamkan dalam mata untuk menggantikan lensa mata alami yang dilepas ketika operasi katarak. Karena sudah menjadi tren dan diminati banyak masyarakat, pasien bisa mendapatkannya di berbagai klinik mata atau RS mata yang ada.

"Dokter mata akan menyesuaikan jenis lensa yang dibutuhkan oleh pasien," hematnya.

Salah seorang pengguna Lensa Premium (IOLs premium) untuk operasi katarak adalah Nuraini Indah (38), perempuan asal Kecamatan Deket ini mengaku memilih jenis lensa premium ini untuk mempermudah aktivitas ibunya pasca operasi katarak.

"Kebetulan orang tua melakukan operasi katarak dan memiliki gangguan mata rabun dekat. Jadi saya putuskan pilih lensa premium agar setelah operasi katarak penglihatannya jelas, dan tidak ada lagi rabun," bebernya.

3 Jenis Lensa Premium (IOLs Premium) untuk Operasi Katarak

dr. Ruchyta Ranti, SpM menyebutkan, Lensa Intraokular  (IOLs) Premium sendiri memiliki 3 jenis, berdasarkan kebutuhan.  Sebelum memilih menggunakan lensa intraokular (IOLs) premium, ada baiknya calon pasien mengenal jenis-jenis lensa premium (IOLs) premium.

Toric IOLs

Toric IOLS ini, merupakan jenis lensa intraokular (IOLs) premium yang memperbaiki astigmatisme atau silinder. Bagi penderita silinder, ini adalah cara sederhana yang praktis dan aman untuk menangani katarak dan silindris secara bersamaan.

Trifocal IOLs

Untuk jenis lensa intraokular (IOLs) premium ini terbilang, paket lengkap dan praktis. Lensa ini sekaligus menangani gangguan refraksi, rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermotria) dan mata tua (presbyopia).

Multifocal IOLs

Lensa jenis ini, merupakan kategori lain dari IOLs premium yang mengoreksi presbyopia atau mata tua. Sehingga, dapat mengurangi kebutuhan akan kacamata baca atau kacamata komputer setelah operasi katarak.

Tak heran bila dalam operasi katarak lensa premium atau IOLs premium ini banyak diminati pasien atau keluarga pasien sebagai pengganti lensa keruh pada penderita katarak

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya