SUARA INDONESIA

Cara Mengobati Sakit Varikokel Dengan Bahan-Bahan Alami Tanpa Operasi, Pria Wajib Tau

Haerul Anwar - 05 September 2022 | 06:09
Kesehatan Cara Mengobati Sakit Varikokel Dengan Bahan-Bahan Alami Tanpa Operasi, Pria Wajib Tau

SUARA INDONESIA - Sakit Varikokel adalah kondisi dimana rasa sakit yang terjadi karena pembengkakan pembuluh darah vena dalam buah zakar.

Singkatnya, varikokel adalah varises testis atau pelebaran pembuluh darah vena yang terjadi di buah zakar dan perlu diobati.

Adapun obat Varikokel sendiri belum ditemukan secara medis selain dengan cara operasi. 

Namun, tidak sedikit pria yang mengalami kondisi ini mencari alternatif pengobatan seperti obat varikokel dengan bahan-bahan alami yang digunakan secara turun temurun agar terhindar dari operasi. 

Dalam kondisi tertentu, Varikokel juga dapat menurunkan kuantitas maupun kualitas sperma yang dihasilkan, sehingga sering dikaitkan dengan masalah kesuburan pria. 

Sebenarnya penyebab pasti dari terjadinya varikokel sendiri belum diketahui secara pasti. Namun pada banyak sekali kasus, varikokel dipicu karena adanya penyumbatan pembuluh darah vena di area kemaluan. 

Darah yang tidak bisa mengalir kemudian memberikan tekanan balik pada vena yang lebih kecil di bagian skrotum, sehingga terjadilah Varikokel. 

Dilansir dari hellosehat, adapun cara mengobati sakit Varikokel dengan bahan-bahan alami diantaranya memakai minyak esensial hingga menggunakan kompres es batu.

Menghilangkan Varikokel dengan es batu

Walaupun efektivitas atau kemanjurannya masih belum dapat dipastikan, menghilangkan varikokel dengan es batu diduga dapat membuahkan hasil.

Melansir dari International Journal of Mens Social and Community Health (2020), mengobati varikokel secara alami memerlukan perawatan pada skrotum atau testis dengan mempertahankan suhu normal.

Saat mengalami varikokel, testis sedang berada pada suhu yang tinggi.

Oleh karena itu, perawatan untuk menurunkan suhu pada testis, salah satunya dengan batu es, dapat bermanfaat untuk mengurangi gejala varikokel.

Penggunaan es batu bisa menjadi alternatif pengobatan varikokel alami dan mudah dilakukan.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati sebab mengompres skrotum terlalu lama dan berlebih tidak dianjurkan.

Perlu diingat bahwa cara menghilangkan varikokel dengan es batu bertujuan untuk menjaga suhu normal pada testis.

Anda perlu memperhatikan hal berikut supaya tidak terjadi perubahan suhu yang drastis dan tidak stabil pada skrotum.

Cairkan es batu dengan air biasa agar suhu tidak terlalu dingin. 

Alirkan air tersebut ke area skrotum secara perlahan selama 10 – 15 detik.

Dinginkan juga area sekitar paha dalam dan perut bawah dengan cara yang sama.

Anda juga mencoba cara lain dengan mandi menggunakan air yang sejuk.

Penggunaan es batu sebagai obat varikokel alami di atas bisa diaplikasikan jika gejala yang Anda alami cenderung ringan.


2. Menggunakan minyak esensial


Kandungan yang bersifat analgesik pada minyak lavender diduga dapat meringankan nyeri seperti yang mungkin dialami oleh pria dengan varikokel.

Selain itu, minyak esensial lainnya seperti minyak pinus juga memiliki khasiat untuk mengatasi masalah pembuluh darah dan varises secara umum.

Jadi, khasiat tersebut mungkin berlaku untuk masalah varikokel. Meski begitu, efektivitas obat herbal untuk varikokel belum terbukti secara ilmiah.


2. Menggunakan jockstrap

Mungkin Anda lebih sering mendengar bahwa pakaian ketat dapat berbahaya bagi kesehatan.

Namun, Anda disarankan untuk menggunakan celana yang ketat atau jockstrap saat sedang berolahraga atau beraktivitas sambil berdiri dalam waktu lama.

Saat mengalami varikokel, celana ketat akan membantu menopang testis sehingga posisi organ ini tidak turun.


3. Minum obat pereda nyeri


Varikokel sangat mungkin menyebabkan rasa nyeri di bagian skrotum.

Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang mengandung acetaminophen atau ibuprofen untuk meredakan nyeri.

Namun bila rasa nyeri tak kunjung hilang dan sangat mengganggu, Anda disarankan untuk tidak menunda berkonsultasi ke ahli medis.


4. Menerapkan pola hidup sehat


Selain menggunakan obat varikokel alami di atas, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan tetap berolahraga ringan, seperti jalan kaki atau senam kegel.

Makanan dengan kandungan potasium dapat mencegah varikokel semakin parah. Beberapa bahan makanan sumber kalium seperti sayuran berwarna hijau gelap, ikan tuna, dan kacang almon.

Obat varikokel alami mungkin dapat membantu Anda mengurangi gejala ringan.

Namun bila gejala varikokel cukup berat, Anda sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Pewarta : Haerul Anwar
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV