SUARA INDONESIA

Ustaz Haikal Basyarahil: Empat Faktor Memilih Calon Pasangan

Tim - 29 December 2021 | 18:12
Khazanah Ustaz Haikal Basyarahil: Empat Faktor Memilih Calon Pasangan

JEMBER-Rasulullah SAW dalam hadisnya bersabda, bahwa ada empat sebab seseorang menikahi perempuan, karena harta, keturunan, rupa juga agama.

"Wanita dinikahi karena empat faktor, karena hartanya, nasbanya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka, menangkankah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung," HR Bukhari Muslim

Namun, menurut ustaz Haikal Basyarahil dilansir dari kanal YouTube Rifqan TV ada sebagian orang yang salam memahami tafsir dari hadis tersebut, sehingga mengira ketika memilih pasangan untuk dinikahi keempat sebab tersebut harus ada pada diri calon pasangannya.

Menurutnya sebagaimana kebanyakan para ulama menjelaskan, bahwa empat sifat tersebut hanya sebab atau alasan untuk seseorang menikahi pasangannya.

Oleh karena itu ujarnya, ketika ada seseorang yang menikah karena kecantikan fisik pasangannya, merupakan hal yang lumrah, pernikahannya pun sah, ketika dilakukan sesuai dengan syariat.

Kemudian ia menambahkan, bahwa dalam hadis tersebut Rasulullah SAW menganjurkan untuk memilih faktor agama saat memilih calon pasangan.

Lalu, dirinya mengatakan melihat agama calon pasangan, dilakukan sesudah melihat faktor-faktor lain, seperti harta, nasab dan rupa sesuai denga kriteria masing-masing. 

Ketika kriteria itu terpenuhi, barulah kemudian melihat dari sisi agamanya. Sehingga agama menjadi penentu terakhir saat mengambil keputusan, baik untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan, maupun untuk mengakhirinya.

"Setelah seseorang sesuai dengan kriteria yang dia cari, jika dia cantik, baru dilihat dari agamanya. Jadi ketika ia menerima atau menolak wanita tersebut karena agamanya bukan karena kecantikannya," tandasnya. (Ree)

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV