SUARA INDONESIA

Ustaz Syafiq Riza Basalamah: Cinta Dalam Beragama

Tim - 05 January 2022 | 20:01
Khazanah Ustaz Syafiq Riza Basalamah: Cinta Dalam Beragama

JEMBER-Cinta merupakan salah satu hal yang mampu menggerakan manusia dalam berperilaku tanpa pamrih dan penuh kasih sayang, begitupula dalam beragama.

Ustaz Syafiq Riza Basalamah menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda ada tiga hal yang menandakan keimanan seorang muslim. Yang dengan ketiga hal tersebut, seseorang akan merasakan nikmatnya beriman. 

"Dari Anas, dari Nabi SAW beliau bersabda, "Tiga hal barang siapa memilikinya, maka ia merasakan manisnya iman. (Yaitu) menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai dari selainnya, mencintai seseorang semata-mata karena Allah dan benci kekufuran sebagaimana bencinya ia jika dilempar ke dalam api neraka," HR Mutafaqun Alaih.

Dari hadis ini, terdapat tiga nilai yang dapat menjadi pelajaran dan acuan untuk menumbuhkan kecintaan dalam beragama.

Pertama, mencintai Allah dan Rasul-Nya lebih dari siapapun dan apapun di muka bumi ini.

"Dia menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai dari semua yang ada, dari orang tuanya, dari istrinya, anak-anaknya hingga negeri dan bangsanya," paparnya dalam kanal YouTube Yufid Tv Pengajian & Ceramah Islam.

Kedua, Mencintai seseorang karena Allah SWT

Menurutnya, hendaklah mencintai seseorang karena Allah, bukan karena ingin mendapatkan sesuatu atau mencari manfaat dari yang dicintai. 

"Kecintaan itu karena Allah, kalaupun ia benci karena Allah," ujarnya.

Ketiga, membenci kekufuran setelah Allah memberikan hidayah kepadanya, sebagaimana ia benci jika dilemparkan ke dalam api neraka.

"Dia benci untuk kembali kufur, setelah Allah menyalamtakan dia," tutupnya. (Ree)

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV