SUARA INDONESIA

Ustaz Syafiq Riza Basalamah: Segala Perbuatan Akan Diperhitungkan

Tim - 06 January 2022 | 09:01
Khazanah Ustaz Syafiq Riza Basalamah: Segala Perbuatan Akan Diperhitungkan

JEMBER-Segala perbuatan di dunia akan mendapat balasan kelak di akhirat, begitu pula dengan ucapan, sebagaimana Allah SWT telah berfirman bahwa malaikat selalu membersamai manusia dan mencatat segala apa yang telah dilakukan dan diucapkan.

"Tidak ada suatu kata yang diucapkan pun melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat)," QS Qaf 18.

Ustaz Syafiq Riza Basalamah menegaskan, tidak ada satupun kalimat yang telah terucap tanpa pengawasan Malaikat Raqib, juga Atid.

Namun, di zaman yang semakin berkembang dirinya mengungkapkan, banyak orang yang sedikit berbicara, akan tetapi banyak menulis.

"Sekarang orang nulis di Facebook, di Twitter, WhatsApp. Ingat semua yang kita catat akan kau lihat kelak di bukumu nanti," ungkapnya.

Maka, sebelum berkata-kata ataupun menulis di media sosial yang dapat dibaca oleh semua orang, harus tetap memperhatikan etika.

Agar ucapan yang dikeluarkan dari lisan dan ditulis dengan tangan, mendatangkan kebermanfaatan, baik bagi diri sendiri maupun yang mendengar dan membacanya.

Karena, menurut ustaz Syafiq, Allah juga telah menjelaskan dalam Al-Qur'an tentang bagaimana keadaan orang-orang diakhirat kelak menerima catatan amal perbuatan mereka.

Ada yang menerima dengan tangan kanan mereka dan berbahagia karenanya hingga ia berlari memarkan rapot yang diterimanya, lalu dirinya juga berucap bahwa ia percaya akan adanya hari pembalasan, dan semua amal perbuatan akan diperhitungkan.

"Sesungguhnya aku yakin, bahwa (suatu saat) aku akan menerima perhitungan terhadap diriku," QS Al-Haqqah 19.

Dan karena keyakinan itu lah selama di dunia ia memperhatikan segala yang keluar dari mulutnya juga segala tingkah lakunya.

"Kita yakin, hati-hati sama apa yang kau omongkan, apalagi engkau catat. Hati-hati engkau tulis itu, kau lihat bermanfaat nggak, kalau nggak, tinggalkan," tandas ustaz Syafiq dalam kanal YouTube Taman Surga.

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV