SUARA INDONESIA

Tanam Bibit dan Tebar Benih Ikan Warnai Momentum Hari Sungai Sedunia di Probolinggo

Imam Hairon - 27 September 2020 | 22:09
Komunitas Tanam Bibit dan Tebar Benih Ikan Warnai Momentum Hari Sungai Sedunia di Probolinggo

PROBOLINGGO - Tanam bibit pohon dan penebaran benih ikan di sepanjang aliran Sungai Pekalen, Desa Ranugedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo dilakukan oleh sejumlah atlet Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Probolinggo.

Ratusan bibit pohon mangga dan alpukat ditanam di pinggir sungai itu, pada Minggu (27/09/2020).

Selain bibit pohon, sekitar 20.000 benih ikan wader dan tawes juga di tebar di sungai yang biasa dijadikan sebagai lokasi arung jeram tersebut.

Dua jenis ikan itu, ditebar karena sesuai dengan habitatnya dengan kondisi sungai berarus deras penuh bebatuan.

Ketua FAJI Kabupaten Probolinggo, Mahdi, menyebut penanaman bibit pohon di sepanjang sungai diharapkan dapat menjaga ekosistem.

Sedangkan penebaran puluhan ribu ikan, kata Mahdi, untuk menambah stok ikan di sungai dengan harapan jika ikan tumbuh besar, dapat dimanfaatkan warga sekitar.

"Harapannya warga turut serta merawat pohon dan ikan yang kami tebar. Jangan sampai ada yang menggunakan racun, bom ikan dan alat setrum untuk menangkap ikan. Itu untuk menjaga ekosistem sungai," ujar Mahdi usai memimpin aksi tanam pohon dan tebar ikan.

Mahdi selaku Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur itu, menambahkan jika aksi peduli lingkungan pada momentum Hari Sungai Sedunia juga didukung oleh Dinas Perikanan dan Kelautan serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.

Sementara pihak yang terlibat di dalamnya meliputi Federasi Arung Jeram Indonesia Provinsi Jawa Timur, pengelola Songa, Airlangga Adventure, para pecinta alam dan masyarakat sekitar. 

Ketua FAJI Provinsi Jawa Timur, Imam Santoso, mengatakan aksi itu diharapkan bisa mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai.

Penanaman bibit pohon dan penebaran benih ikan di aliran Sungai Pekalen sepanjang 12 KM, semoga dapat menggugah kesadaran pelaku wisata arung jeram dan masyarakat sekitar, untuk terus peduli pada lingkungannya.

"Kita ingin ekosistem sungai terjaga. kita lakukan penghijauan dan penebaran benih ikan," tutup Imam

Pewarta : Imam Hairon
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya