SUARA INDONESIA

Bina Saka Pramuka, Dispopar Kota Probolinggo Siapkan Pemuda Cinta Lingkungan

Lutfi Hidayat - 20 November 2020 | 11:11 - Dibaca 1.57k kali
Komunitas Bina Saka Pramuka, Dispopar Kota Probolinggo Siapkan Pemuda Cinta Lingkungan
Kepala Dispopar Sekaligus Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Kemitraan Kwarcab Pramuka Kota Probolinggo, Budi Krisyanto Berikan Materi Perubahan Iklim

PROBOLINGGO - Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo dalam membina dan mengembangkan bakat-minat pemuda terus dilakukan, termasuk kepada para anggota pramuka.

Selain materi gerakan pramuka dan kesakaan, peserta pembinaan yang terdiri dari 100 orang satuan karya (saka) pramuka juga dibekali materi kepedulian lingkungan dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Pembinaan kepramukaan tersebut digelar oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Probolinggo.

Kepala Dispopar yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Kemitraan Kwarcab Pramuka Kota Probolinggo, Budi Krisyanto mengatakan perlunya memberikan pembinaan dan pengembangan bakat-minat dan kemampuan tambahan berbagai bidang kepada saka pramuka.

Kemampuan menjaga dan tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan, menurut Budi Kris penting dimiliki oleh setiap saka pramuka. Sebab, setiap anggota pramuka memiliki kedisiplinan tinggi, sehingga akan tetap konsisten dalam merawat lingkungan yang ada.

"Kenapa materi lingkungan hidup diberikan kepada saka pramuka pada kegiatan ini, agar para peserta memahami apa yang namanya cuaca, iklim dan perubahan iklim. Kelestarian lingkungan ini tanggung jawab bersama, termasuk para saka pramuka," ujarnya, Jumat (20/11/2020).

Satuan karya pramuka yang lengkap mulai dari saka bhayangkara, saka bahari, saka bakti husada, saka kalpataru dan saka pandu wisata menjadikan skuad ini lebih siap untuk menjadi pelopor dalam berbagai bidang.

"Soal kedisiplinan bidang kesehatan, saka pramuka harus menjadi pelopor disiplin penegakan protokol kesehatan Covid-19. Minimal untuk dirinya, keluarga dan lingkungannya," imbuh Budi Kris.

Pembinaan kepramukaan pada Jumat (20/11/2020) tersebut, merupakan hari kedua pemberian materi sekaligus penutupan.

Kegiatan tersebut telah dibuka pada Kamis siang (19/11/2020), di malam harinya digelar malam keakraban antar seluruh peserta dan panitia, sebagai wujud soliditas pemangku kebijakan bidang kepemudaan dan olahraga dan pemuda. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV