SUARA INDONESIA

Berbagi dengan Masyarakat, HUT ke 15, Patco Purworejo Gelar Bhaksos di Tlogosono

Widiarto - 10 November 2021 | 13:11
Komunitas Berbagi dengan Masyarakat, HUT ke 15, Patco Purworejo Gelar Bhaksos di Tlogosono

PURWOREJO - Komunitas Purworejo Adventure Trail Community (PATCO) Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan vaksinasi massal dan pembagian sembako di Desa Tlogosono, Kecamatan Gebang, pada Rabu (10/11/2021). 

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor Desa Tlogosono bekerjasama dengan Kodim 0708 Purworejo, digelar dalam rangka mengisi Hari Ulang Tahun (HUT) Patco ke-15.

HUT Patco Purworejo bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan. Kegiatan itu dilaksanakan dengan mengambil tema Patco Purworejo Adventure Trail Community tetap menjaga roh adventure trail dan berbagi dengan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan itu Muspika Gebang, tokoh masyarakat Desa Tlogosono, pengurus Patco Purworejo dan masyarakat Desa Tlogosono.

"Dalam rangka HUT Patco yang ke-15 ini ada tiga kegiatan yang kita laksanakan, yaitu pertama vaksinasi massal dan pembagian sembako dari Kodim 0708 Purworejo berupa bantuan beras kemasan 5 kg sebanyak 40 kantong di Desa Tlogosono, kedua besuk tanggal 21 November 2021 kita gelar kegiatan ngetrail sambil baksos untuk Musola At Tin Desa Tlogosono dan bedah rumah milik bu Miskini di Dusun Jetis Desa Loano Kecamatan Loano pada Desember 2021 mendatang," ungkap ketua Patco Purworejo, Nurmansyah Alami, saat ditemui di sela kegiatan vaksinasi massal di Desa Tlogosono, pada Rabu (10/11/2021).

Dikatakan, kegiatan vaksinasi dengan alokasi 300 dosis itu merupakan vaksinasi kedua bagi masyarakat Desa Tlogosono. Adapun tenaga medis dan administrasi seluruhnya di backup dari Kodim 0708 Purworejo. 

"Dengan kegiatan ini, pertama kami akan menjaga roh adventure petualangan trail dan ini bukan kompetisi, yang kedua kita tidak hanya menyalurkan hobi tetapi kita juga bisa berguna ke masyarakat dan salah satunya yang sering kita laksanakan adalah bhakti sosial dan kita setiap tiga bulan sekali kita mengadakan bantuan apakah itu bantuan ke masjid jalan dan bedah rumah," jelasnya. 

Dipilihnya Desa Tlogosono menjadi lokasi kegiatan, lanjutnya, Desa Tlogosono yang memiliki wilayah hutan menjadi tempat favorit bagi Patco Purworejo untuk adventure. Selain tidak jauh dari kota dan tracknya cukup menantang serta cukup bagus, Patco Purworejo hampir setiap hari minggunya mengadakan kegiatan di Desa Tlogosono. Maka acara kegiatan HUT Patco Purworejo di fokuskan di Desa Tlogosono.

"Harapanya Patco Purworejo lebih solid dan juga roh adventure dan juga kepedulian masyarakat, jadi kita tidak hanya menyalurkan hobi tapi juga membantu masyarakat, menyebarkan semangat kebaikan untuk menolong masyarakat," harapnya.

Ketua Dewan Pengawas Indonesia Off Road Federation (IOF) Pusat, Harjanto, mengatakan, Patco adalah organisasi di bawah naungan Indonesian Off-Road Federation (IOF), di Kabupaten Purworejo terdapat 20 Chapter dari 16 Kecamatan dengan jumlah anggota lebih dari 500 orang.

"Tentunya dengan binaan kita sekarang sudah lebih guyub rukun terbukti dengan ulang tahun saja kegiatanya banyak sekali. Apa yang kita berikan ke anak-anak pinginya itu offroader di Purworejo ini saya pinginya berbudaya dan peduli lingkungan. Artinya budaya yang ada di daerah kita ini akan kita selalu angkat serta kita lestarikan, peduli terhadap lingkungan dengan menggelar kegiatan yang berguna dan manfaat bagi masyarakat supaya keberadaan kita bisa selalu berguna untuk masyarakat, tidak hanya untuk seneng pribadi," katanya.

Harjanto juga menyampaikan selamat atas ulang tahun untuk Patco Purworejo yang ke-15.

"Semoga selalu guyup rukun manfaat untuk masyarakat, urip itu urup, terutama selalu sebarkan kebaikan tidak ada kebaikan yang sia-sia, saya harap rekan-rekan Patco dan offroader supaya selalu berbudaya dan peduli lingkungan," harapnya.

Sementara itu Camat Gebang, Makin Mubasir bersama Kepala Desa Tlogosono, Ngaeniyati, mengapresiasi dan menyambut baik serta menyampaikan terima kasih dengan telah dilaksanakanya kegiatan itu di Desa Tlogosono, dimana masyarakat Desa Tlogosono sangat antusias mengikuti kegiatan itu.

"Desa Tlogosono merupakan desa yang ada ditengah dan merupakan banyak hutan pinus milik perhutani yang memiliki banyak potensi obyek-obyek untuk dijadikan destinasi wisata. Masyarakat sengkuyung dengan kegiatan para penghobi trail serta offroad disini, apalagi disertai dengan bhakti sosial, ini yang menjadi masyarakat tertarik dan senang dengan kegiatan Patco disini," katanya.

Pihaknya berharap, masyarakat bersama Patco Purworejo bisa bersama-sama komitmen untuk menjaga dan melestarikan alam Desa Tlogosono, dengan kegiatan trail dan diisi hiburan serta kegiatan sosial.

"Dan kegiatan ini atau potensi alam yang ada di desa ini bisa tersiar dan banyak diketahui oleh masyarakat luas utamanya di Kabupaten Purworejo," pungkasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV