SUARA INDONESIA

Tanpa Lawan, Piter Gusbager Resmi Pimpinan HKTI Provinsi Papua

Mustakim Ali - 22 May 2022 | 17:05
Komunitas Tanpa Lawan, Piter Gusbager Resmi Pimpinan HKTI Provinsi Papua

JAYAPURA - Piter Gusbager, S.Hut. MUP terpilih sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Papua periode 2022-2027.

Bupati Keerom itu terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Provinsi Dewan Pengurus Daerah HKTI Provinsi Papua tahun 2022 yang berlangsung di Kota Jayapura, Sabtu (21/05/2022) malam.

Dalam musyawarah tersebut Piter Gusbager merupakan calon tunggal yang sudah mengantongi mandat dari Ketua Umum DPP HKTI pusat.

Kepada awak media, Piter Gusbager menyampaikan bahwa langkah awal yang harus dikerjakannya adalah menyusun personalia organisasi HKTI Provinsi Papua sebelum dilantik oleh DPP HKTI.

"Selanjutnya saya akan melakukan konsulidas organisasi di seluruh kabupaten/kota sekaligus gelar musda dan pelantikan pengurus kabupaten/kota hingga jajaran paling bawah yakni kampung atau distrik," ujar Piter Gusbager.

Piter Gusbager berkomitmen untuk mengembalikan kejayaan dan taring HKTI Provinsi Papua. Karena menurutnya Provinsi Papua memiliki wilayah yang mempunyai potensi pertanian yang sangat strategis.

"HKTI ini harus menjadi lobi grup bagi para petani untuk menyelesaikan semua persoal yang mereka hadapi, baik itu kemitraan, pengetahuan, hingga persoalan yang lainnya agar kehadiran kita (HKTI) benar-benar bermanfaat bagi para tani Indonesia khususnya Papua," ungkapnya.

Diera perkembangan teknologi informasi saat ini, HKTI harus menjadi agen perubahan bagi petani, baik dalam meningkatkan ilmu pengetahuan, kreativitas dan inovasi hinga manfaat tehnologi dalam mendistribusikan hasil pertanian (pemasaran).

"Lewat teknologi informasi ini petani akan mendapatkan banyak referensi, tentang budidaya, riset-riset, jenis penyakit tanaman, kadar kesuburan tanah untuk menanam dan informasi yang lainnya," tuturnya.

Dibawah kepemimpinannya, Piter Gusbager berkomitmen untuk kembalikan kejayaan HKTI Provinsi Papua yang sudah lama fakum.

"Selain meningkatkan produktivitas para petani, kehadiran HKTI juga harus mampu menambah hasil pertanian di tanah Papua," ujarnya.

Perlu diketahui bahwa dalam Musyawarah Provinsi Dewan Pengurus Daerah HKTI Provinsi Papua tahun 2022 dipimpin oleh Wasekjen DPP HKTI bidang OKK, Arifudin juga didampingi Wasekjen DPP HKTI bidang Agraria, Sri Ginting Kusmayadi, Bidang OKK DPP HKTI, Neng Swasti Ningsih, Bidang OKK DPP HKTI, Mega Ratna Juwita, Bidang OKK DPP HKTI, Leni Rodiah, Kepala Sekertaris DPP HKTI, Khairudin, dan Ketua panitia Musyawarah HKTI Provinsi Papua, Indra Trisiswanda serta dihadiri sejumlah pengurus kabupaten kota.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya