SUARA INDONESIA

Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp 1,5 Miliar di Banyuwangi Digagalkan

Muhammad Nurul Yaqin - 30 April 2021 | 20:04
Kriminal Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp 1,5 Miliar di Banyuwangi Digagalkan

BANYUWANGI- Upaya penyelundupan pengiriman 21.000 benih bening lobster (BBL) ilegal tujuan Tangerang, Banten, digagalkan tim gabungan Polresta Banyuwangi pada Jumat (30/4/2021).

Saat itu, sekitar pukul 07.00 WIB, tim Resmob Polresta Banyuwangi mendapatkan informasi terkait peredaran benih lobster yang hendak di ekspor ke luar negeri.

"Kemudian informasi tersebut ditindaklanjuti tim Resmob dan tim Satgas benur Polresta Banyuwangi melakukan penyelidikan," kata Kapolresta Banyuwangi melaui Kasat Reskrim AKP Mustijat Priambodo, saat konferensi pers, Jumat (30/4/2021) malam.

Setelah dilakukan pengawasan di Jalan Raya masuk Dusun Barurejo, Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, polisi berhasil mengamankan dua orang yang diduga membawa benur lobster. 

Kedua tersangka yakni berinisial FR (21) warga Pesanggaran, Banyuwangi, berperan sebagai sopir, dan inisial RT (33) warga yang kecamatan sama, berperan sebagai kurir.

"Mereka dibekuk pada saat melintas dan akan membawa benur lobster itu menuju ke daerah Tangerang, Banten," terang Mustijat.

Kata dia, dari penangkapan ini, polisi berhasil mengamankan barang bukti 11 box sterofoam warna putih yang berisi benih lobster jenis pasir sebanyak 21.000 ekor, satu mobil pick up L 300, dan handphone pelaku.

"Adapun tujuan akhir dari pengiriman benih lobster ini ke luar negeri yakni Vietnam. Dari hasil penggagalan penyelundupan ini kita berhasil menyelamatkan kekayaan negara sebesar Rp 1,5 miliar rupiah," tandasnya. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya