SUARA INDONESIA

Ice Cream Temu Lawak, Dessert Sehat Pencegah Stunting

Imam Hairon - 26 September 2020 | 10:09 - Dibaca 4.57k kali

JEMBER - Seorang pemuda asal Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, membuat ice cream temu lawak. Dessert sehat ini digadang-gadang mampu mencegah penyakit stunting.

Abdullah Azzam Akbar bersama teman-temannya mencoba mengembangkan usaha pembuatan ice cream dengan bahan utama menggunakan rempah-rempah. Usaha ice cream temulawak ini bermula saat dirinya mengikuti semua perlombaan, sampai akhirnya menjadi bagian dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dukuh Dempok.

"Awal terbangunnya usaha ini, saya mengikuti perlombaan begitu, akhirnya sekarang sudah menjadi bagian dari BUMDES di Dukuh Dempok. Saya sangat bersyukur sekali untuk hal ini," ucap Abdullah Azzam Akbar, Kepala Unit Sentra Jamu Temulawak saat diwawancarai pada Kamis (24/9/2020)

Untuk proses pembuatan ice cream ini dirinya harus menyiapkan temu lawak sebagai bahan utama, kemudian dicampurkan dengan garam, gula pasir, susu, coklat bubuk dan cream bubuk.

"Prosesnya tentu kita menyiapkan bahan terlebih dahulu, terutama temulawak. Kemudian dicampuri garam, gula, susu, coklat bubuk dan cream bubuk. Lalu bahannya itu diaduk hingga rata dan mengental, baru dimasukkan ke kulkas," ungkapnya

Temulawak sendiri pada dasarnya memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan seperti, antioksidan, penambah nafsu makan, menurunkan kolesterol, sebagai anti radang dan lainnya. 

Sementara itu, Azzam menambahkan proses pembuatan ice cream temulawak ini menghabiskan waktu satu hari. Untuk per-cupnya hanya dibandrol dengan harga tiga ribu rupiah saja.

"Kalau buat biasanya satu hari ya, sama teman-teman juga. Untuk satu tempatnya atau cupnya kita jual dengan harga tiga ribu rupiah agar semua kalangan bisa mencoba," imbuhnya.

Jika ingin menikmati ice cream ini pembeli bisa datang langsung ke tempat produksinya, Dusun Dukuh, Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya