SUARA INDONESIA

Nikmatnya Nasi Gegok Khas Trenggalek, Pecinta Kuliner Wajib Tau

Rudi Yuni - 24 October 2020 | 11:10 - Dibaca 4.37k kali
Kuliner Nikmatnya Nasi Gegok Khas Trenggalek, Pecinta Kuliner Wajib Tau
Nasi Gegok (istimewa)

TRENGGALEK - Tak hanya pesona wisata saja yang menarik untuk dikunjungi ketika berwisata ke Trenggalek. Namun juga ada beberapa kuliner khas asli yang mampu memikat lidah penikmatnya.

Yakni, Nasi Gegok. Nasi Gegok ini merupakan salah satu makanan khas yang dimiliki Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.  

Menu ini sangat diminati oleh masyarakat lokal maupun dari luar kota.  Ciri khasnya ekstra pedas, selain itu rasanya cukup enak dan sangat cocok di nikmati ketika masih hangat.

Bukan hanya nikmat, bagi para pecinta kuliner untuk menikmati makanan khas ini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena bisa di nikmati dengan harga yang sangat murah.

Proses pembuatan : 

Kuliner khas nasi gegok ini dalam proses pembuatannya sangat simpel dan hanya membutuhkan satu jam. 

Menu tersebut terbuat dari nasi yang dicampur dengan ikan laut  jenis tuna atau ikan teri yang dihilangkan tulangnya dan diaduk dengan sambal yang sudah di tumbuk.

Kemudian dibungkus menjadi satu menggunakan daun pisang selanjutnya digongso atau dimasak. Selain ekstra pedas juga menantang, jika penasaran ingin mencobanya silahkan datang ke Trenggalek.

Lokasi :

Untuk lokasinya cukup terjangkau, hanya sekitar lima kilometer dari pusat kota arah utara jurusan Kecamatan Bendungan, Trenggalek. Disitu hampir sepanjang jalan, setiap warung dipastikan berjualan nasi gegok.

Minuman : 

Mbah Wito, salah penjual nasi gegok warga Desa Ngares,  Kecamatan Trenggalek menuturkan, usaha tersebut digelutinya hampir satu tahun. Untuk omsetnya, tatkala hari Minggu atau liburan mencapai Rp 3 juta. Namun jika hari bisa rata-rata Rp 1 juta sampai Rp 2 juta.

“Dari pengasilan itu, selain nasi gegok kami juga menjual minuman yang juga merupakan khas Trenggalek. Yakni, minuman mere jahe dan kopi deplok,’’ ucapnya.

Ditambahkan, para pengunjung biasanya datang dari dalam maupun luar wilayah. Nasi gegok ini memang cukup diminati , termasuk istri mantan Bupati Trenggalek Arumi Bachsin juga menyukai menu ini. 

Karena memiliki ciri khas ekstra pedas dan enak, nasi gegok tersebut membuat penasaran semua orang.

"Untuk harga cukup terjangkau, nesi gegok per bungkus Rp 3000, sedangkan minuman mere jahe hanya Rp 5000,” pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya