SUARA INDONESIA

Kisah Sambel Mak'e Sutini Asal Kademangan Blitar yang Menembus Pasar Ekspor

Ari - 03 May 2021 | 16:05
Kuliner Kisah Sambel Mak'e Sutini Asal Kademangan Blitar yang Menembus Pasar Ekspor

Blitar - Ditengah pandemi COVID-19, warga Kademangan Kabupaten Blitar masih bisa eksis di sektor usahanya. Sambel yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri dibanding dengan sambel buatan orang lain. 

Saat ditemui Suara Indonesia, Owner Sambel Mak'e, Sutini Rahayu mengatakan, awalnya dirinya merintis usaha sambel sejak tahun 2016 silam. Waktu itu, Sutini masih menggeluti sambel pecel. Namun, seiring perkembangan zaman ditambah sejumlah jenis sambel. 

"Dulu saya hanya berjualan sambel pecel lalu memenuhi permintaan konsumen, saya menambah varian rasa seperti sambel teri, ikan peda, tuna asap, cumi dan masih banyak lagi variannya," kata Sutini kepada Suara Indonesia di Kanigoro Senin (03/05/2021). 

Sutini mengatakan, sambel Mak'e asal Lingkungan Jatisari Kelurahan/Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar bukan hanya dinikmati lidah masyarakat Blitar saja melainkan sudah berhasil didistribusikan ke beberapa daerah yang ada Indonesia bahkan sudah menembus pasar ekspor. 

"Alhamdulillah berkat bantuan teman, sambel Mak'e kini menjadi lebih dikenal secara luas. Saya biasanya kirim ke Bali, Sumbawa, Sumatra, Jepang dan Hongkong. Sekali kirim, rata-rata 1 kuintal dengan omset mencapai 25-50 juta per bulannya," imbuhnya. 

Sutini juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang sudah memberikan bimbingan, pelatihan maupun pendampingan sehingga usahanya dapat berkembang pesat. Ia berharap, Pemda terus memperhatikan nasib rakyatnya terutama perkembangan di sektor UMKM.

Sementara itu, Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, Lyes Setyaningrum merasa bangga karena warga binaannya semakin berkembang terutama produk mereka bisa ekspor ke luar negeri. 

"Keberhasilan capaian ini tidak lepas dari campur tangan pemerintah daerah, kita rutin setiap tahun memberikan pelatihan skill maupun bagaimana cara memasarkan produk secara luas. Alhamdulillah, secara perlahan produk UMKM Kabupaten Blitar mulai merembah ke berbagai daerah dan luar negeri," terangnya. 

Pewarta : Ari
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV