SUARA INDONESIA

Kuliner Surabaya yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan, Belut Goreng Sambal Paling Nikmat

Lukman Hadi - 06 December 2021 | 19:12
Kuliner Kuliner Surabaya yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan, Belut Goreng Sambal Paling Nikmat

SURABAYAKota Pahlawan Surabaya dikenal memiliki makanan khas cukup lezat. Mulai dari kuliner pedas, manis hingga kuliner minuman.

Tak salah bila banyak pelancong dari luar daerah maupun mancanegara menikmati kuliner di Surabaya.

Mereka datang ke Surabaya tak hanya sekedar berlibur, tetapi juga berburu kuliner khas Surabaya.

Baca Juga: Cara Membuat Donat Tanpa Bahan Telur, Hasilnya Super Lembut dan Lezat, Ini Resepnya

Menyadur suara.com, jejaring media suaraindonesia.co.id, selama ini Surabaya dikenal memiliki kuliner seperti rawon, rujak cingur, hingga pecel semanggi.

Selain makanan tadi, ada beberapa kuliner yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Surabaya. Berikut rekomendasi kuliner Surabaya:

1. Belut Goreng

Jika Anda berkunjung ke Surabaya, tak ada salahnya mencicipi kuliner belut goreng. Anda tak perlu ragu mencoba kenikmatan belut goreng khas Surabaya.

Hidangan belut goreng khas Kota Pahlawan ini tidak berbau amis dan memiliki rasa yang gurih, manis, dengan daging yang sangat lembut. Lebih terasa nikmat apabila sajian belut goreng ditemani nasi panas dan sambal pedas.

Baca Juga: Kue Lapis Tapioka Cocok Temani Weekend Keluarga di Rumah, Begini Resep dan Cara Buatnya

2. Tahu Campur

Makanan khas Surabaya yang satu ini terdiri dari tahu goreng, lontong, potongan daging sapi, selada, mie kuning, dan juga toge. Biasanya juga ada tambahan perkedel singkong, kerupuk udang, lalu ditaburi bawang goreng di atasnya.

Kuliner Surabaya satu ini sangat cocok disantap ketika musim hujan dengan cuaca dingin.

3. Tahu Tek

Kuliner khas Surabaya satu ini sangat mudah ditemui di berbagai sudut kota. Tahu Tek memiliki komposisi seperti tahu goreng, lontong, kentang, kecambah, serta dilengkapi kerupuk dan saus petis khas Surabaya.

4. Sate Klopo

Bahan utama sate klopo khas Surabaya sudah tentu dari daging ayam maupun sapi. Makanan satu ini mirip dengan sate pada umumnya. Hanya saja, yang membedakan adalah jeroan dan lemak sapi, serta adanya tambahan parutan kelapa di bagian atas sate sebelum dibakar.

Baca Juga: Resep dan Cara Bikin Kue Kaswi Pandan Lezat dan Gurih

5. Soto Gubeng Pojok

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah soto gubeng. Masakan Soto Gubeng Pojok berbahan dasar jeroan sapi dan daging sapi. Kuah sotonya berwarna kuning pekat dan rasanya gurih.

6. Gudeg Pecel Ubaya

Rekomendasi kuliner khas Surabaya selanjutnya, ialah Gudeg Pecel Ubaya. Campuran Gudeg Pecel Ubaya terdiri dari telur, potongan ayam, sayur nangka, dan juga bumbu opor.

Masakan khas Surabaya ini adalah kombinasi antara gudeg dan saus kacang khas pecel. Rasanya yang dihasilkan dari makanan ini adalah gurih dan manis.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya