SUARA INDONESIA

Minuman Penghangat Tubuh Khas Jember, Berikut Resep dan Cara Membuat Wedang Cor

Ambang Hari Laksono - 02 August 2022 | 12:08
Kuliner Minuman Penghangat Tubuh Khas Jember, Berikut Resep dan Cara Membuat Wedang Cor

SUARA INDONESIA - Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing. Tidak hanya dengan makanan, tetapi juga dengan minuman. Jika Yogyakarta memiliki wedang uwuh, maka Jember memiliki pemeran wedang yang tak kalah melegenda. Minuman panas ini termasuk kuliner khas Jember, Jawa Timur.


Wedang Cor Khas Jember

Wedang berarti minuman hangat, sedangkan cor adalah campuran semen dan pasir. Tapi tentu saja minuman ini bukan campuran pasir dan semen yang diseduh dengan air hangat. Namun wedang cor sama dengan wedang jahe pada umumnya.

Minuman ini cukup sederhana namun sangat enak dan efektif. Rasa manis tape ketan dan susu berpadu dengan hangatnya jahe. Wedang Cor biasanya dibuat dari campuran tape ketan, air jahe, dan susu kental manis, kemudian ditambahkan air panas hingga penuh, lalu tambahkan susu kental manis.

Campuran cor wedang biasanya berwarna putih dan cenderung abu-abu. Dari proses pembuatan dan warna yang membuat minuman ini melegenda.

Begitu adonan wedang masuk ke mulut, perpaduan rasa manis tape dan susunya benar-benar terasa pas. Kehangatan jahe juga membuat tubuh dan lidah terasa hangat.

Wedang Cor ini pertama kali berasal dari obrolan penduduk asli Jember untuk alasan pendidikan atau pekerjaan, mereka sepakat bahwa minuman Wedang Cor pertama kali dikenal sekitar tahun 90-an.

Orang yang pertama kali menjual minuman panas tersebut adalah Mbah As, yang tokonya masih eksis hingga saat ini di Jalan Pajajaran-Kebonsari, Jember.


Resep Wedang Cor khas Jember

Jika Anda ingin mencoba mencicipi minuman yang satu ini. Tidak perlu jauh-jauh ke Jember atau keluar rumah, minuman ini bisa dibuat di rumah. Bahan yang digunakan juga sangat mudah ditemukan, bahkan cara pembuatannya juga sangat sederhana.

Jadi Anda tidak bingung bagaimana cara membuatnya dan seperti apa resepnya. Berikut resep dan cara membuat wedang pemeran khas jember yang bisa anda pelajari untuk membuat wedang pemeran.


Bahan yang dibutuhkan:

  • 100 gram jahe (dibakar dan memarkan).
  • 150 gram tape ketan hijau.
  • 800ml air.
  • Susu kental manis sesuai selera


Cara membuatnya:

  1.  Rebus air dan jahe terlebih dahulu hingga mendidih hingga air menyusut menjadi 700 ml.
  2.  Setelah itu siapkan tape ketan hijau lalu ambil dan masukkan ke dalam gelas, jangan lupa masukkan susu kental manis ke dalamnya (bisa di mix sesuai selera).
  3.  Kemudian anda bisa menuangkan air rebusan jahe yang sudah anda rebus tadi, lalu aduk hingga semua bahan tercampur hingga rata. Setelah itu, wedang cor siap disajikan.

Jangan minum wedang ini selagi masih hangat. Tujuannya agar khasiatnya sebagai minuman hangat bisa bermanfaat untuk Anda.

Namun jika Anda memang ingin menikmatinya tanpa harus repot membuatnya. Anda bisa menemukan toko atau warung yang menjual wedang cor. Namun biasanya di daerah luar Jember, wedang ini sangat langka. Apalagi jika tempatnya sangat jauh dari kota Jember.

Jadi jika Anda berkunjung ke Jember, Anda wajib menikmati pemeran wedang ini. Apalagi jika saat itu udara sangat dingin karena hujan deras atau memang faktor cuaca. Anda perlu merasakan kehangatan pemeran wedang.

Namun, jika Anda belum sempat berkunjung ke Jember, Anda bisa membuatnya sendiri sesuai resep dan cara pembuatan di atas. Semoga beruntung!

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Ambang Hari Laksono

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya