SUARA INDONESIA

Kemiren Banyuwangi Sabet Penghargaan Desa Terbaik dari Kemenparekraf

Muhammad Nurul Yaqin - 30 May 2024 | 10:05 - Dibaca 738 kali
News Kemiren Banyuwangi Sabet Penghargaan Desa Terbaik dari Kemenparekraf
Ritual adat di Desa Kemiren, Banyuwangi. (Foto: Dok Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Kabar membanggakan datang dari Desa Wisata Adat Osing Kemiren, Banyuwangi. Desa ini menjadi desa terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 dari Kemenparekraf.

Kementerian Pariwisata dan EKonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI berhasil menjaring 6.016 desa yang kemudian memasuki tahap seleksi menjadi 500, 300 dan 100 besar desa wisata hingga terpilih 50 desa terbaik se Indonesia.

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi masyarakat Desa Kemiren dalam mengembangkan potensi wisata desanya.

Desa Wisata Adat Osing Kemiren menawarkan berbagai daya tarik wisata budaya, seperti rumah adat Osing, tarian tradisional, dan kuliner khas Banyuwangi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi prestasi Desa Kemiren.

"Ini merupakan prestasi yang luar biasa, Desa Kemiren telah berhasil bersaing dengan 6.016 desa wisata lainnya di seluruh Indonesia." kata Sandiaga, Senin, (27/5/2024) kemarin.

Sandiaga berharap pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lain di Indonesia untuk terus mengembangkan potensi wisata desanya.

"Mari kita jadikan desa wisata sebagai pilar utama dalam membangun pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan," ungkapnya.

ADWI 2024 diikuti oleh 6.016 desa wisata dari seluruh provinsi di Indonesia. Desa-desa peserta harus melalui berbagai tahapan seleksi, mulai dari pendaftaran, bimbingan teknis, pemeriksaan kelengkapan data, hingga kurasi oleh dewan juri.

Penilaian ADWI 2024 didasarkan pada 5 kategori klasifikasi desa wisata, yaitu; daya tarik wisata, amenitas, digital, kelembagaan dan SDM, resiliensi.

Desa Kemiren berhasil lolos seleksi karena memiliki daya tarik wisata yang unik dan otentik, amenitas yang memadai, serta pengelolaan desa wisata yang baik.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi Taufik Rohman sangat mengapresiasi kepada Desa Wisata Adat Osing Kemiren yang telah masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024.

"Selamat kepada Desa Kemiren, Mudah-mudahan dengan ini, desa-desa wisata lainnya juga dapat menunjukkan potensi desa yang belum banyak diketahui publik,” ungkap Taufik. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV