SUARA INDONESIA

Terdampak Banjir, 1.200 KPM di Bangkalan Dapat Bantuan Beras Susulan

Moh.Ridwan - 04 June 2024 | 14:06 - Dibaca 507 kali
News Terdampak Banjir, 1.200 KPM di Bangkalan Dapat Bantuan Beras Susulan
Kepala DPKP Pemprov Jatim D Rudy Prasetya Saat menyalurkan beras. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANGKALAN - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Pemprov Jawa Timur menyalurkan bantuan pangan bagi masyarakat terdampak banjir yang ada di dua desa di Kabupaten Bangkalan. Sebanyak 1200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan bantuan dari cadangan beras pemerintah daerah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bangkalan, Ainul Gufron mengatakan, bantuan kemanusiaan yang disalurkan pemerintah bersama mitra perum bulog merupakan langkah tanggap Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersinergi dengan pemerintah daerah Bangkalan dalam mengatasi dampak bencana banjir.

"Meski ada keterlambatan dalam penyalurannya. Pemerintah komitmen untuk membantu masyarakat yang terdampak agar terhindar dari kerawanan pangan dan gizi," kata Ainul, Selasa (4/6/2024).

Dia menjelaskan, bantuan yang dibagikan sebanyak 6 ton beras yang dibagi kepada dua desa, yakni Desa Kajjan, Kecamatan Blega dan Desa Tengket, Kecamatan Arosbaya. Masing-masing desa menerima 3 ton yang difasilitasi pihak kecamatan.

"Setiap KPM menerima 5 kg beras. Tiap desa ada 600 KPM yang mendapat bantuan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala DPKP Provinsi Jatim D Rudy Prasetya menyampaikan, bantuan dari pemprov ini merupakan bantuan susulan kepada masyarakat Bangkalan yang tidak tercover oleh Badan Ketahanan Nasional (Bapanas). Bantuan ini dampak dari banjir yang terjadi di dua kecamatan yakni Blega dan Arosbaya.

Menurutnya, bantuan tahap pertama sudah diserahkan kepada KPM saat terjadinya banjir. Sebaliknya, ini merupakan realisasi bantuan bagi masyarakat yang masih belum tercover pada sebelumnya.

Ke depan, pemerintah daerah Bangkalan disarankan agar bisa mengalokasikan cadangan beras pemerintah daerah untuk tanggap darurat bencana. Hal itu penting, jika ada bencana bisa menyalurkan bantuan dengan cepat. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Moh.Ridwan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV