SUARA INDONESIA

Tahanan Anak di Pemalang Tetap Bisa Ikuti Ujian Kenaikan Kelas dari Balik Jeruji Besi

Ragil Surono - 13 June 2024 | 13:06 - Dibaca 358 kali
News Tahanan Anak di Pemalang Tetap Bisa Ikuti Ujian Kenaikan Kelas dari Balik Jeruji Besi
Seorang tahanan anak mengikuti ujian kenaikan kelas di Rutan Pemalang. (Foto: Ragil/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, PEMALANG - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pemalang, Jawa Tengah, memfasilitasi tahanan anak untuk mengikuti ujian kenaikan kelas, Kamis (13/06/2024).

Ujian dilaksanakan oleh N (14) di Ruang Staf Pelayanan Tahanan Rutan Pemalang dengan pengawasan petugas. N merupakan tahanan anak yang masih berstatus pelajar.

Ia terdaftar sebagai peserta didik yang duduk di bangku kelas VII di salah satu SMP di Kabupaten Pemalang. N merupakan anak yang berhadapan dengan hukum yang mulai ditahan di Rutan Pemalang sejak 22 Mei 2024 dan masih menjalani proses persidangan.

Kepala Rutan Pemalang, Sumaryo mengatakan, sebelum memfasilitasi ujian kenaikan kelas tersebut, Rutan Pemalang telah menerima permohonan dari pihak keluarga agar N tetap dapat mengikuti ujian yang diselenggarakan sekolah.

“Masa depan harus tetap diperjuangkan. Berada di dalam Rutan bukan berarti pendidikan dan pengajaran bagi anak harus terhenti. Kami harus berupaya secara optimal untuk memfasilitasi agar pelaksanaan ujian bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Hal tersebut sejalan dengan ketentuan yang termaktub dalam Pasal 7 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Dalam poin c dijelaskan, setiap tahanan berhak mendapatkan pendidikan, pengajaran, dan kegiatan rekreasional, serta kesempatan mengembangkan potensi. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ragil Surono
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV