SUARA INDONESIA

Embun Es Kembali Muncul di Kawasan Dieng Banjarnegara, Suhu Minus 1,3 Celsius

Iwan Setiawan - 19 June 2024 | 15:06 - Dibaca 648 kali
News Embun Es Kembali Muncul di Kawasan Dieng Banjarnegara, Suhu Minus 1,3 Celsius
Fenomena embun es kembali terjadi di kawasan tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara, Rabu (19/6/2024) pagi. (Foto: Ahmad Nur Fatiin untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BANJARNEGARA- Fenomena embun es atau biasa disebut embun Upas kembali muncul di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (19/6/2024) pagi.

Pegiat desa wisata Ahmad Nur Fatiin mengatakan, fenomena embun es di dataran tinggi Dieng pada tahun ini mulai muncul sejak Mei 2024 lalu.

Menurutnya, fenomena munculnya embun es ini dirasakan sejak setelah Lebaran. Selanjutnya, kembali muncul pada akhir Mei 2024 dengan suhu mencapai minus 1 derajat celsius.

"Ini yang kelima kalinya di tahun 2024. Tadi pagi sudah muncul, karena suhu di Dieng sudah mencapai 1 derajat celsius," katanya saat dikonfirmasi melalui WhatsApp.

Sementara dalam unggahan akun @Aryadarwanto, juga dijelaskan jika pada pagi ini suhu di kawasan tinggi Dieng mencapai titik terendah pada 2024. Yakni minus 1,35 derajat celsius. Untuk wisatawan yang hendak merasakan di musim salju, dapat memantau melalui akun pribadinya.

Dalam unggahan tersebut terlihat butiran es menempel di rerumputan dan bunga yang sedang mekar di kawasan tinggi Dieng. Selain itu, tampak pula embun es muncul di kawasan kompleks Candi Arjuna dan di area perkebunan warga yang berada di kawasan Dieng. (*)


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV