SUARA INDONESIA

Menteri Perdagangan Lepas 11 Kontainer Produk Furnitur Ekspor ke Pasar Global 

Amrizal Zulkarnain - 20 June 2024 | 20:06 - Dibaca 738 kali
News Menteri Perdagangan Lepas 11 Kontainer Produk Furnitur Ekspor ke Pasar Global 
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, melepas kontainer ekspor produk furniture senilai hampir US$ 500 ribu, di PT Integra Indocabinet Tbk, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (20/6/2024) sore. (Foto: Amrizal/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Sebanyak sebelas kontainer, memuat produk firnitur serta komponen bangunan PT Integra Indocabinet Tbk, diekspor ke pasar global.

Pelepasan ekspor kurang lebih senilai US$ 500 ribu, secara langsung dilakukan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di kawasan pabrik wilayah Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (20/6/2024).

"Ekspor ini patut diapresiasi, karena dilakukan ke negara maju seperti Amerika maupun Eropa dengan bahan baku dari dalam negeri," ujar Zulkifli Hasan, saat dikonfirmasi Suara Indonesia.

Hal ini, kata dia, diharapkan dapat menjadi model bagi perusahaan lain. Dengan begitu, harapannya lebih banyak perusahaan serupa muncul di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan daerah lainnya.

Menurut Zulhas, akrab politisi PAN itu disapa, ekspor ini adalah kabar baik. Karena di tengah berbagai kendala, perusahaan ini tetap mampu mengekspor ke negara-negara maju, termasuk Eropa, dan terus tumbuh sekitar 10 hingga 20 persen setiap tahun.

"Prestasi ini harus diapresiasi, terutama karena perusahaan ini adalah perusahaan padat karya," sebutnya.

Kendati demikian, selama berkunjung di Jawa Timur, Zulhas juga menghadiri Forum Sinergitas Ekspor yakni Strategi Hilirisasi Industri dalam Meningkatkan Ekspor Bernilai Tambah di Surabaya.

Sementara, Direktur Marketing PT Integra Indocabinet Tbk, Widjaja, saat ditemui mengaku perusahaannya telah menggunakan bahan baku kayu lokal, seperti kayu mahoni, rotan dan berbagai anyaman asal Indonesia.

"Sejak didirikan 35 tahun lalu, pasar kami memang berorientasi ekspor, terutama ke Amerika Serikat," katanya.

Ia juga mengungkapkan, selama pandemi Covid-19, ekspor mereka justru meningkat hingga sekitar seribu kontainer setiap bulan, karena banyak orang di Amerika yang melakukan kegiatan di rumah dan membeli firnitur.

"Namun, saat ini kami hanya bisa mengekspor sekitar 700 kontainer setiap bulan," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV