SUARA INDONESIA

Demokrat Apresiasi Cara Pemkab Situbondo Tekan Angka Pengangguran Terbuka

Syamsuri - 21 June 2024 | 00:06 - Dibaca 579 kali
News Demokrat Apresiasi Cara Pemkab Situbondo Tekan Angka Pengangguran Terbuka
Ketua DPC Partai Demokrat, Janur Sasra Ananda, di sela-sela perbincangan dengan praktisi hukum mengenai kasus korban Koperasi Raung. (Foto: Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Ketua Partai Demokrat Situbondo mengapresiasi kinerja pemkab setempat, karena selama tiga tahun berturut-turut bisa menekan angka pengangguran terbuka di Kabupaten Situbondo.

Menurut Ketua Partai Demokrat Situbondo, Janur Sasra Ananda,
berdasarkan data dari BPS,  jumlah  pengangguran terbuka di Kabupaten Situbondo selama 3 tahun berturut turut mengalami penurunan sejak
tahun 2021 dari 3,68 persen menurun menjadi 3,38 persen di tahun 2022, sedangkan pada tahun 2023 turun lagi  menjadi 3,27 persen.

"Penurunan angka pengangguran terbuka ini  menjadi bukti bahwa kinerja  pemerintah dalam hal ini Disnakertrans Situbondo melalui kegiatan program Job Fair dan Expo ini berhasil,"ujarnya.

Artinya kata, Janur, kegiatan job fair dan expo masih sangat efektif menjadi program kegiatan untuk menekan jumlah pengangguran terbuka di Situbondo.

"Karena pada saat job fair dan expo para pencari kerja ini bisa melamar langsung dengan perusahaan yang membuka lowongan," ungkap Janur di sela-sela acara pembahasan dengan tim hukum terkait masalah KPRI Raung, Jumat (21/06/2024).

Lebih lanjut Ketua DPC Demokrat itu juga menjelaskan bahwa tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Situbondo kalau dibandingkan dengan daerah tetangga masih lebih rendah tingkat prosentase penganggurannya.

"Salah satu kabupaten yang terkenal sebagai kabupaten industri saja, jumlah pengangguran terbukanya masih lebih tinggi kalau dibandingkan dengan Kabupaten Situbondo," ucapnya.

"Artinya  banyaknya perusahaan tidak bisa menjamin jumlah pengangguran ini akan lebih kecil, sebab banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah mental para pelamar kerja itu sendiri," imbuhnya.

Oleh karena itu, Janur berharap kepada pemerintah daerah, dalam hal ini Disnakertrans Situbondo, agar program job fair dan expo yang akan digelar nanti bisa mendatangkan perusahaan-perusahaan yang bonafit yang bisa menampung lapangan pekerjaan lebih banyak.

"Adek-adek yang masih belum mendapatkan pekerjaan, bisa manfaatkan kesempatan ini untuk hadir di job fair dan expo 2024 Kabupaten Situbondo yang akan digelar di GOR Baluran pada 31 Juli 2024 mendatang," terangnya.

Sebab, jelas Janur, pada acara job fair nanti ada 66 perusahaan yang akan hadir dengan membuka 1.055 lowongan pekerjaan. Dan Disnakertrans Situbondo sendiri juga akan membuka stad untuk membantu dan melayani pembuatan kartu AK1.

"Bagi pelamar yang tidak bisa membuat surat lamaran kerja, Disnaker juga  siap membantu membuatkan, asalkan syarat dan tujuannya yang dilamar jelas dan lengkap," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV