SUARA INDONESIA

Tanam Mangrove di Banyuwangi, Upaya TNI AL jaga Masa Depan Pesisir Indonesia

Muhammad Nurul Yaqin - 22 June 2024 | 15:06 - Dibaca 616 kali
News Tanam Mangrove di Banyuwangi, Upaya TNI AL jaga Masa Depan Pesisir Indonesia
Ratusan Siswa Kodiklatal TNI AL dari Sabang hingga Merauke saat penanaman mangrove di Pesisir Pantai Cemara Banyuwangi. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Dorong pelestarian wilayah pesisir, rombongan TNI AL melakukan penanaman mangrove di Pantai Cemara, Banyuwangi, Sabtu (22/6/2024).

Bersama dengan 659 peserta latihan praktek (Lattek) pelayaran gabungan siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Wira Jala Yudha XXII/2024.

Ratusan siswa bintara prajurit karir (PK) dan tamtama PK TNI AL Angkatan 432 dari Sabang hingga Merauke tersebut bersama 69 pendukung sebelumnya sandar di Banyuwangi menggunakan KRI Soeharso dan KRI Teluk Ende pada Jumat, 21 Juni 2024.

Dankodik Opsla Kodiklatal, Laksamana Pertama TNI, M Iwan Kusumah yang juga selaku Direktur Latihan (Diralat) menekankan bahwa penanaman mangrove ini merupakan investasi penting untuk masa depan yang lebih hijau dan aman bagi wilayah pesisir Indonesia.

“Dengan menanam mangrove ini kita belajar dari alam untuk mengawasi dan menjaga garis pantai kita,” tutur Iwan.

Langkah ini tidak hanya bertujuan untuk melestarikan lingkungan pesisir dari ancaman abrasi, tetapi juga sebagai upaya jangka panjang untuk menjaga ekosistem laut dan mendidik generasi muda TNI AL tentang pentingnya pelestarian alam.

“Ini juga menjadi pembelajaran bagi siswa-siswa dari Kodiklatal supaya mereka melihat betapa indah, betapa bagusnya wilayah Banyuwangi,” katanya.

Menurutnya, para siswa Kodiklatal dapat belajar bagaimana menjaga masa depan bangsa melalui program tanam mangrove digelar TNI AL.

“10 hingga 20 tahun yang akan datang, kita bisa menikmati hasil yang kita kerjakan hari ini,” ujarnya.

Sementara itu, TNI AL memilih Banyuwangi sebagai lokasi yang dikunjungi Kodiklatal dan tanam mangrove karena Banyuwangi telah sejak lama menjadi mitra bagi TNI AL.

“Kerja sama ini yang harus terus kita pupuk dan gairahkan, tidak ada perbedaan sipil dan militer, kita saling membantu untuk kemajuan bangsa ini,” ajaknya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV