SUARA INDONESIA

Soal Kelebihan Pembayaran Tagihan PLN, Pansus LHP BPK RI DPRD Situbondo Minta Dishub Uji Petik

Syamsuri - 24 June 2024 | 19:06 - Dibaca 657 kali
News Soal Kelebihan Pembayaran Tagihan PLN, Pansus LHP BPK RI DPRD Situbondo Minta Dishub Uji Petik
Pansus LHP BPK RI DPRD Situbondo rapat bersama sekda, bappeda dan dishub terkait temuan BPK RI di aula rapat paripurna DPRD. (Foto: Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Panitia Khusus (Pansus) Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP-BPK) DPRD Situbondo, meminta dinas perhubungan setempat melakukan uji petik bersama PLN UP3 Situbondo.

Ketua Pansus LHP BPK DPRD Situbondo, Johantono menyebut, ada kelebihan pembayaran tagihan PLN yang dilakukan oleh Pemkab Situbondo, dalam hal ini dinas perhubungan, sekitar Rp 800 juta dari jumlah tagihan sebesar Rp2,4 miliar.

"Ada sekitar Rp800 juta kelebihan pembayaran tagihan penerangan jalan umum (PJU). Jadi harus dilakukan uji petik atau verifikasi kembali," ujar Johantono dalam acara sidang Pansus LHP BPK di Gedung DPRD Situbondo, Senin (24/6/2024).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo, Rikwan Sugihartono mengaku, pihaknya membayar sesuai dengan tagihan dari PLN per bulannya. "Kami membayar berdasarkan daftar tagihan dari PLN setiap bulan dan tidak pernah terlambat," ucapnya.

Ada dua poin rekomendasi BPK RI kepada Pemkab Situbondo, khususnya dinas perhubungan. Yakni membuat rancangan perjanjian kerjasama antara Bupati Situbondo dan PLN UP3 terkait survei PJU dan meterisasi untuk jaringan listrik PJU.

Selain itu, BPK juga merekomendasikan agar dishub melakukan survei atas ID pelanggan dan titik lampu yang ditagihkan oleh PLN. Dan mengusulkan untuk dilakukan meterisasi atau alat pengukur dan pembatas jaringan listrik.

"Sejak awal 2022, kami melakukan survei untuk setiap pemasangan ID dan melaporkan ke PLN. Termasuk PJU yang belum dimeterisasi akan kita lakukan meterisasi, karena itu memang target kami," pungkas Rikwan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV