SUARA INDONESIA

Kirab Napak Tilas Sejarah Bung Karno di Ploso Jombang Berlangsung Semarak

Gono Dwi Santoso - 24 June 2024 | 20:06 - Dibaca 1.34k kali
News Kirab Napak Tilas Sejarah Bung Karno di Ploso Jombang Berlangsung Semarak
Suasana kegiatan kirab napak tilas sejarah Bung Karno waktu kecil di tempat kelahiran di Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (23/06/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Peringati Bulan Bung Karno oleh warga Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dimeriahkan dengan kirab napak tilas menyusuri tempat kelahiran Bung Karno di Ploso, Kabupaten Jombang, Minggu (23/04/2024).

Kirab dimulai dari rumah kelahiran Bung Karno di Gang Buntu Desa Rejoagung, ke Sekolah Ongko Loro tempat ayah Bung Karno mengajar. Kemudian, ke lokasi Sekolah Desa tempat Bung Karno belajar.

Selanjutnya, melewati bekas Kantor Kawedanan Ploso, lalu ke Langgar Kedungturi tempat Bung Karno mengaji. Dan berakhir di Kantor Desa Losari untuk finish kirabnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Jombang, Senen mengatakan, kirab seperti ini baru pertama kali dilaksanakan.

"Kirab ini menjadi bentuk pengakuan dari masyarakat bahwa Bung Karno memang dilahirkan di Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang. Karena bagaimanapun yang tahu ceritanya adalah masyarakat di sekitar rumah lahir Bung Karno," terangnya.

Menurutnya, kirab ini bukan sekadar berjalan dari satu tempat ke tempat lain. Ini adalah perjalanan spiritual untuk mengingat dan menghayati perjuangan, serta pengorbanan Bung Karno.

"Tempat ini memiliki nilai historis penting karena dari sinilah Bung Karno mendapatkan pendidikan awalnya yang memengaruhi pemikiran dan perjuangannya di kemudian hari,” ujarnya.

“Peserta kirab diberikan kesempatan untuk melihat-lihat dan mendengarkan cerita dari para sesepuh desa yang masih ingat dengan sejarah tempat ini,” imbuhnya.

Senen berharap, kegiatan seperti ini semakin memperkuat cerita bahwa Bung Karno lahir di Ploso Jombang. Pihaknya juga telah mengumpulkan data-data seperti dokumen kepindahan ayah Bung Karno ke Ploso, maupun dokumen tulisan tangan ayah Bung Karno yang menyatakan Bung Karno lahir pada 6 Juni 1902.

"Lebih lanjut rumah kelahiran Bung Karno di Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso, akan ditetapkan sebagai cagar budaya peringkat Kabupaten Jombang," tutupnya.

Sementara itu, kerabat Bung Karno yang juga merupakan Pembina Situs Persada Soekarno Ndalem Pojok, Wates, Kediri, Kuswartono menuturkan, terdapat cerita di keluarga yang menyebutkan sejumlah nama yang berkaitan dengan kelahiran Bung Karno.

“Yang mengurusi bayi adalah Mbah Suro. Kemudian yang ‘nanam’ ari-arinya adalah Sumo Jani,” ungkapnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV