SUARA INDONESIA

Pemkab Banyuasin Gratiskan Uji KIR, Sosialisasi Gencar tapi Respons Masih Rendah

Redaksi - 25 June 2024 | 08:06 - Dibaca 1.14k kali
News Pemkab Banyuasin Gratiskan Uji KIR, Sosialisasi Gencar tapi Respons Masih Rendah
Salah seorang petugas Dishub Banyuasin ketika memeriksa kelayakan kendaraan. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANYUASIN – Pemkab Banyuasin sejak awal tahun ini memberlakukan kebijakan baru, uji berkala kendaraan bermotor (kir) gratis bagi seluruh pemilik kendaraan angkutan barang dan penumpang.

Kebijakan ini merujuk pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah, serta Perda Retribusi Nomor 1 Tahun 2024. Langkah tersebut diambil untuk meningkatkan kepatuhan dan kenyamanan berkendara di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Banyuasin, Mulyanto mengungkapkan, sosialisasi mengenai kir gratis ini telah dilakukan secara intensif. "Kami telah memasang banner di tempat-tempat pelayanan, depan gedung kir dan area pelayanan masyarakat. Informasi ini jelas menyatakan bahwa kir gratis tanpa biaya," ujarnya.

Meski demikian, tingkat partisipasi pemilik kendaraan dalam uji berkala masih rendah. Hingga Mei 2024, dari sekitar 11 ribu kendaraan angkutan barang dan penumpang yang terdata, baru 1.436 unit yang telah melakukan uji berkala kembali.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala UPTD Pelayanan Angkutan Darat, Agustan Aziz, melalui Satker Pengujian Kendaraan Bermotor, Ismail. Menurutnya, beberapa faktor menjadi kendala, seperti masa berlaku uji berkala yang sudah habis dan kendaraan yang sudah melakukan mutasi.

"Untuk memberikan kelancaran berkendara bagi angkutan barang dan penumpang, kami mengajak para pengemudi untuk segera melakukan KIR. Hal ini penting demi keselamatan dan kelancaran dalam berkendara," ucap Ismail di UPTD Pelayanan Angkutan Darat, Senin (24/6/2024).

Dinas Perhubungan Banyuasin akan terus menggencarkan sosialisasi mengenai kir gratis ini. Dengan kebijakan ini, diharapkan pemilik kendaraan lebih aktif melakukan uji berkala, sehingga keselamatan dan kelancaran lalu lintas di wilayah Banyuasin meningkat.

"Kami ingin memastikan bahwa seluruh prosedur kir berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku," pungkas Ismail. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV