SUARA INDONESIA

Mualaf Lereng Bromo Probolinggo Ngaji Tata Cara Wudu dan Salat

Lutfi Hidayat - 26 June 2024 | 16:06 - Dibaca 7.43k kali
News Mualaf Lereng Bromo Probolinggo Ngaji Tata Cara Wudu dan Salat
Para mualaf warga lereng Gunung Bromo Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, antusias menerima materi ke-Islam-an. (Foto: Lutfi Hidayat/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, PROBOLINGGO – Para Mualaf warga Suku Tengger lereng Gunung Bromo ngaji tata cara wudu dan salat, di Masjid Darussalam Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu sore (26/6/2024).

Pembinaan para Mualaf tersebut dilakukan oleh gabungan Kementerian Agama, MUI, Baznas dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Probolinggo.

Materi ke-Islam-an disampaikan oleh Ketua Komisioner Baznas, Ach. Muzammil. Mualaf diberikan pemahaman tentang bagaimana Islam merangkul saudara seiman terutama bagi Mualaf, termasuk tentang hak mendapatkan zakat.

“Saudara-saudaraku ini, berhak menerima zakat karena masuk dalam salah satu ketentuan yang ada dalam agama Islam. Kami bersama-sama, akan terus membimbing para Mualaf dalam pelaksanaan ibadah yang benar,” terangnya.

Sementara materi tentang tata cara wudu dan Salat, disampaikan oleh KH. Mudlofir selaku ketua Komisi Fatwa MUI Kabupaten Probolinggo.

Selain materi metode ceramah dan dialog, KH. Mudlofir juga melakukan praktik langsung tentang tata cara wudu dan salat.

Materi ketiga tentang hubungan rumah tangga yang baik disampaikan oleh KH. M. Barzan Ahmadi yang menjabat sebagai Plh Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Probolinggo.

KH. Barzan menjelaskan berbagai akhlak yang baik pada Nabi Muhammad SAW kepada para Mualaf. Salah satu kunci kebahagiaan rumah tangga terutama bagi para Mualaf, dikatakannya harus mengikuti akhlak Rasulullah, sehingga bahtera rumah tangga bisa berjalan dengan penuh kebahagiaan.

“Pada diri Rasulullah itu terdapat teladan yang baik. Jika kita bisa mengikutinya, maka dijamin rumah tangga dan kehidupan kita akan dipenuhi kebahagiaan,” jelas Barzan saat menyampaikan materi.

Total Muallaf warga Lereng Gunung Bromo di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo berjumlah 50 orang. Pembinaan para Mualaf dilakukan secara rutin setiap bulan berpindah-pindah antara satu desa ke desa lainnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV