SUARA INDONESIA

Peringatan HANI 2024, BNN Cilacap Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

Satria Galih Saputra - 26 June 2024 | 22:06 - Dibaca 1.27k kali
News Peringatan HANI 2024, BNN Cilacap Ajak Masyarakat Perangi Narkoba
Kepala BNN Kabupaten Cilacap, Kombes Pol Dinnar Widargo, saat memberikan sambutan dalam acara Peringatan HANI 2024. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cilacap Kombes Pol Dinnar Widargo, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bergerak bersama memerangi Narkoba.

Ajakan tersebut disampaikan di sela-sela sambutannya pada acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cilacap di Gedung Patra Graha Cilacap, Rabu (26/06/2024).

"Diharapkan masyarakat, khususnya di Cilacap dapat berpartisipasi aktif dalam Program Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Hal ini untuk mewujudkan Kabupaten Cilacap yang Bersinar atau bersih dari Narkoba," kata Dinnar.

Diketahui, jumlah klien BNN Cilacap sendiri hingga bulan April 2024 berjumlah 8 orang. Dari jumlah tersebut terdiri dari 2 orang berusia kurang dari 18 tahun, dan 6 orang berusia diatas 18 tahun.

"Adapun zat aktif yang mereka gunakan diantaranya Benzodiazepine, Tramadol dan Ganja. Harapannya, jumlah ini tiap tahun akan terus mengalami penurunan yang signifikan," ungkap Dinnar.

Ia menyebut, penyebaran Narkoba kini tidak hanya di wilayah perkotaan saja, namun telah merambah ke pedesaan. Termasuk wilayah pesisir pantai yang menjadi sasaran.

"Oleh karena itu, dibutuhkan peran seluruh elemen masyarakat agar peredaran gelap Narkoba ini dapat dicegah. Perlu diketahui bahwa Narkoba itu tidak memandang usia, jadi kita harus selalu waspada," ujarnya.

Berdasarkan hasil penelitian dari BNN, 80 persen penyelundupan Narkoba masuk ke Indonesia melalui jalur laut. Dan Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang menjadi sasaran perdagangan obat-obatan terlarang tersebut dan sangat rawan.

Sementara itu, Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan perlunya keterlibatan dan partisipasi dari masyarakat dalam menanggulangi penyalahgunaan Narkoba agar lebih maksimal.

"Peran aktif dari masyarakat sangatlah dibutuhkan. Dan kami sangat mendukung P4GN dari BNN," kata Awaluddin.

Dalam kesempatannya, Pj Bupati Cilacap mengapresiasi BNN yang telah sukses menjalankan strateginya yaitu melalui pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi, serta pemberantasan dengan penggunaan kecanggihan teknologi informasi.

"Mudah-mudahan Kabupaten Cilacap benar-benar Bersinar (Bersih dari Narkoba)," tutup Awaluddin. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV