SUARA INDONESIA

Unik! Ada Tugu Gerobak Nasi Goreng di Pemalang, Lambang Persatuan Antarpedagang

Ragil Surono - 27 June 2024 | 21:06 - Dibaca 1.17k kali
News Unik! Ada Tugu Gerobak Nasi Goreng di Pemalang, Lambang Persatuan Antarpedagang
Tugu gerobak nasi goreng berdiri sebagai lambang persatuan antarpedagang. (Foto: Ragil/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, PEMALANG - Kuliner nasi goreng merupakan makanan yang lazim disantap saat malam hari. Kudapan ini sudah lama dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, bahkan sampai mancanegara.

Olahan nasi putih yang digoreng dengan berbagai campuran bahan dan bumbu ini, rasanya pas saat dinikmati buat menu makan malam. Tapi tahukah Anda, jika di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, ada Kampung Nasi Goreng?

Nah, jika Anda melewati jalan alternatif antara Comal ke Pemalang lewat selatan, maka Anda akan melihat pemandangan tugu gerobak nasi goreng bertengger di atas bangunan yang cukup besar. Posisinya. terletak di sebelah utara jalan raya Desa Jrakah, Kecamatan Taman.

Desa Jrakah sendiri mayoritas warganya dikenal sebagai penjual nasi goreng. Rata-rata, mereka berjualan di perantauan. Seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Bogor. Bahkan, banyak juga yang berjualan di Denpasar, Bali.

Muhamad (45), warga asli Desa Jrakah yang berjualan nasi goreng di daerah Grogol, Jakarta Barat, mengatakan, tugu nasi goreng sudah dibangun sekitar tiga tahun lalu. Pembangunan tugu ini menurutnya sebagai lambang persatuan para pedagang nasi goreng.

"Tugu nasi goreng dibangun dengan dana swadaya warga Jrakah yang jualan nasi goreng di Jakarta," ujarnya, Kamis (27/6/2024).

Mamat (50), warga lainnya mengaku, tugu tersebut sering dijadikan sebagai titik kumpul para penggemar sepeda ontel, ketika ada acara goes bersama. "Kalau hari libur sering digunakan sebagai kumpul-kumpul para pesepeda dari beberapa tempat," ujarnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ragil Surono
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV