SUARA INDONESIA

Bupati Fauzi Tegaskan Kades Punya Peran Penting Majukan Masyarakat Sumenep

Wildan Mukhlishah Sy - 27 June 2024 | 20:06 - Dibaca 2.71k kali
News Bupati Fauzi Tegaskan Kades Punya Peran Penting Majukan Masyarakat Sumenep
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo saat pengukuhan perpanjangan masa jabatan kepala desa di kabupaten setempat. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menegaskan, Kepala Desa (Kades) memiliki peran penting dalam memajukan masyarakat, mulai dari sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

Bahkan, tak tanggung-tanggung dia menyebut bahwa Pemerintah Desa, khususnya Kades, merupakan tulang punggung kemajuan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Fauzi, usai menyerahkan SK Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa 2019-2025 dan 2021-2027, Rabu (27/06/2024).

"Tentu penting sekali peran para Kepala Desa dalam mendukung perkembangan masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya, akumulasi survei BPS terkait keberhasilan pemerintah, tentunya juga tergantung bagaimana kinerja Kades di wilayahnya masing-masing.

Termasuk didalamnya, pertumbuhan ekonomi, pengentasan stunting, kemiskinan, rasio gini dan beberapa hal lainnya.

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengarahkan agar anggaran yang ada di desa dialokasikan pada sektor-sektor yang mampu mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), rasio gini, ekonomi dan menekan tingkat pengangguran terbuka (TPT).

"Ini kan satu bagian, bagaimana kemudian Pemerintah Kabupaten (Pemkab), kami mendorong agar anggaran di desa bisa digunakan pada sektor-sektor yang mendorong hal itu," lanjutnya.

Untuk itu, ia meminta seluruh Kades di wilayahnya agar mengajak masyarakat untuk tidak berhenti berinovasi dalam membangun desa. “Jangan pernah berhenti berinovasi," tutupnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV